CINTYA , IRVANTI (2025) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BERDASARKAN PERSEPSI GURU SMA PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI KOTA BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf Download (99Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (4Mb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2227Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Pandemi Covid-19 menyebabkan krisis pada dunia pendidikan, salah satunya terjadi loss learning dan kesenjangan pembelajaran. Salah satu upaya untuk memperbaiki pemulihan krisis pembelajaran yang terjadi yaitu dengan memberlakukan Kurikulum Merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan implementasi Kurikulum Merdeka berdasarkan persepsi guru SMA pada pembelajaran Fisika di Kota Bandar Lampung. Penelitian ini dilaksanakan bulan Maret – Juni 2023 di Kota Bandar Lampung, dengan responden sebanyak 30 guru Fisika SMA yang sebagian telah menerapkan Kurikulum Merdeka. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan metode survey. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner (angket) tertutup yang disebarkan kepada guru Fisika. Sebelum digunakan instrumen tes diuji validitas isi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh SMA Negeri di Kota Bandar Lampung telah menerapkan Kurikulum Merdeka. Implementasi Kurikulum Merdeka dilihat dari aspek perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran. Persepsi guru fisika terhadap implementasi Kurikulum Merdeka tergolong positif. Guru Fisika di Kota Bandar Lampung telah merencanakan dan melaksanakan pembelajaran disertai asesmen yang disediakan oleh Kemendikbudristek, namun juga disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan siswa. Kata Kunci: Implementasi, Kurikulum Merdeka, Persepsi Guru, Pembelajaran Fisika
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | 2506132404 Digilib |
Date Deposited: | 16 Jun 2025 03:59 |
Terakhir diubah: | 16 Jun 2025 03:59 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/88722 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |