PENGARUH TERPAAN AKUN INSTAGRAM @KULINERSEPUTARKOTAMETRO TERHADAP MINAT BELI KULINER DI KOTA METRO

CINDY, MEITHA SARI (2025) PENGARUH TERPAAN AKUN INSTAGRAM @KULINERSEPUTARKOTAMETRO TERHADAP MINAT BELI KULINER DI KOTA METRO. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (9Mb) | Preview
[img] File PDF
2. FILE SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (9Mb)
[img]
Preview
File PDF
3. FILE SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (9Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pemanfaatan media sosial sebagai sarana komunikasi pemasaran semakin berkembang seiring meningkatnya persaingan bisnis kuliner di era digital. Instagram, sebagai platform berbasis visual, memiliki peran strategis dalam membentuk minat beli konsumen melalui penyajian konten yang menarik dan informatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh terpaan konten akun Instagram @kulinerseputarkotametro terhadap minat beli pengikutnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden yang dipilih secara acak, kemudian dianalisis menggunakan regresi linear sederhana dengan bantuan perangkat lunak IBM SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan terpaan konten akun Instagram @kulinerseputarkotametro berpengaruh signifikan terhadap minat beli pengikutnya (t-hitung = 14,285 > t-tabel = 1,984; p < 0,001). Koefisien regresi sebesar 1,190 menunjukkan setiap peningkatan satu unit pada variabel terpaan media meningkatkan minat beli sebesar 1,190. Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,673 mengindikasikan 67,3% variasi minat beli dapat dijelaskan oleh terpaan konten Instagram, sisanya sebesar 32,7% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti. Temuan ini menggarisbawahi intensitas paparan, durasi interaksi, dan perhatian terhadap konten visual berkontribusi membentuk minat beli konsumen. Oleh karena itu, Instagram dapat dioptimalkan sebagai media komunikasi pemasaran digital yang efektif bagi pelaku usaha kuliner dalam meningkatkan daya tarik dan penjualan produk. Kata kunci: terpaan media, Instagram, minat beli, komunikasi pemasaran.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 360 Permasalahan dan kesejahteraan sosial; asosiasi > 361 Masalah dan layanan, kesejahteraan sosial
300 Ilmu sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi
Program Studi: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK (FISIP) > Prodi S1-Ilmu Komunikasi
Pengguna Deposit: 2301776164 . Digilib
Date Deposited: 17 Jun 2025 07:35
Terakhir diubah: 17 Jun 2025 07:35
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/88896

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir