Aldi , Prasetyo (2025) MENINGKATKAN KESETARAAN AKSES PENDIDIKAN : PERAN SUBSIDI KARTU INDONESIA PINTAR (KIP) DALAM MEWUJUDKAN KEBERLANJUTAN PENDIDIKAN DI INDONESIA (STUDI KASUS DI UNIVERSITAS LAMPUNG). FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS, UNIVERSITAS LAMPUNG .
|
File PDF
1. ABSTRAK.pdf Download (4Mb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
2. FILE SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (4Mb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
3. FILE SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (4Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini menganalisis dampak program Kartu Indonesia Pintar (KIP) dalam meningkatkan kesetaraan akses pendidikan dan perannya mendukung keberlanjutan pendidikan bagi mahasiswa di Universitas Lampung. Dengan pendekatan deskriptif kualitatif, data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 294 penerima KIP yang dipilih secara stratified sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KIP mengurangi beban finansial mahasiswa, dengan 94,2% responden menyatakan dapat lebih fokus pada studi tanpa khawatir tentang biaya kuliah. Sebanyak 90,9% juga menyatakan kebutuhan pinjaman pendidikan berkurang. Dari sisi akademik, KIP meningkatkan motivasi dan akses pendidikan berkualitas, ditunjukkan oleh 70,2% penerima yang meraih IPK di atas 3,50, melebihi syarat minimum 2,70. Namun, tantangan seperti ketidaktepatan jadwal pencairan (44,5%) dan ketidakcukupan dana (90,4%) masih ditemui. Simpulan penelitian menegaskan bahwa KIP mendorong kesetaraan dan keberlanjutan pendidikan, tetapi perlu perbaikan dalam alokasi dan mekanisme pencairan dana untuk optimalisasi manfaat. Kata kunci: Dampak finansial, Kartu Indonesia Pintar (KIP), Keberlanjutan pendidikan, Kesetaraan akses pendidikan, Universitas Lampung
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS (FEB) > Prodi S1-Ekonomi Pembangunan |
Pengguna Deposit: | 2506354589 Digilib |
Date Deposited: | 17 Jun 2025 07:59 |
Terakhir diubah: | 17 Jun 2025 07:59 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/88901 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |