PENGARUH TERPAAN KONTEN BULK EATING (MUKBANG) TERHADAP MINAT WISATA KULINER PADA FOLLOWERS PENONTON AKTIF AKUN INSTAGRAM @TANBOY_KUN

ALIF, INDRA PRASOJO (2025) PENGARUH TERPAAN KONTEN BULK EATING (MUKBANG) TERHADAP MINAT WISATA KULINER PADA FOLLOWERS PENONTON AKTIF AKUN INSTAGRAM @TANBOY_KUN. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (6Mb) | Preview
[img] File PDF
2. FILE SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (6Mb)
[img]
Preview
File PDF
3. FILE SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (6Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Perkembangan Instagram sebagai media sosial visual mendorong munculnya trend konten bulk eating (mukbang) yang diduga berpengaruh terhadap minat wisata kuliner. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengukur pengaruh terpaan konten bulk eating (mukbang) terhadap minat wisata kuliner pada followers penonton aktif akun Instagram @tanboy_kun. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teori Stimulus-Organism-Response (SOR) dan Uses and Effects, data dikumpulkan melalui kuesioner kepada 100 responden. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa seluruh item dalam variabel X (terpaan mukbang) dan Y (minat wisata kuliner) dinyatakan valid (r hitung > r tabel = 0,361). Nilai reliabilitas juga sangat tinggi dengan Cronbach’s Alpha sebesar 0,949 untuk variabel X dan 0,969 untuk variabel Y. Mayoritas responden berusia 19–30 tahun (62%) dan didominasi perempuan (59%). Uji asumsi klasik menunjukkan data memenuhi syarat normalitas dan linearitas. Hasil analisis regresi linier sederhana menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan dengan nilai F hitung = 353,012 dan signifikansi 0,000. Koefisien regresi sebesar 1,044 dan R² = 0,783 menunjukkan bahwa 78,3% variasi minat wisata kuliner dijelaskan oleh terpaan konten bulk eating (mukbang). Temuan ini menguatkan bahwa paparan intens terhadap konten bulk eating (mukbang) mampu memicu perhatian, keingintahuan, dan respons emosional yang mendorong minat nyata dalam berwisata kuliner. Kata Kunci: Bulk Eating (Mukbang), Instagram, Minat Wisata Kuliner, SOR, Uses and Effects.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 360 Permasalahan dan kesejahteraan sosial; asosiasi > 361 Masalah dan layanan, kesejahteraan sosial
300 Ilmu sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi
Program Studi: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK (FISIP) > Prodi S1-Ilmu Komunikasi
Pengguna Deposit: 2506743239 Digilib
Date Deposited: 18 Jun 2025 04:08
Terakhir diubah: 18 Jun 2025 04:08
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/89005

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir