NADIRA , DEVI LUSINTA (2025) PENGARUH PEMAHAMAN NILAI-NILAI PANCASILA TERHADAP KEPEDULIAN SOSIAL PESERTA DIDIK SMP NEGERI 7 METRO. FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (188Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2356Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1846Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Nilai-nilai Pancasila memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan sikap sosial peserta didik di lingkungan sekolah. Pemahaman yang baik terhadap nilai-nilai Pancasila diharapkan dapat menumbuhkan kepedulian sosial dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman nilai-nilai Pancasila terhadap kepedulian sosial peserta didik SMP Negeri 7 Metro. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 7 Metro tahun ajaran 2024/2025. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 68 responden. Pengambilan data penelitian menggunakan Teknik tes, penilaian antar teman, observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan adanya pengaruh pemahaman nilai-nilai Pancasila terhadap kepedulian sosial peserta didik SMP Negeri 7 Metro. Hal ini menunjukkan bahwa pemahaman peserta didik terhadap setiap sila dalam Pancasila berkontribusi dalam membentuk perilaku sosial yang positif. Nilai Ketuhanan membentuk karakter religius, nilai Kemanusiaan menumbuhkan rasa empati dan menghargai sesama, nilai Persatuan memperkuat kebersamaan tanpa membeda-bedakan latar belakang, nilai Kerakyatan menumbuhkan sikap demokratis dan musyawarah, serta nilai Keadilan Sosial mendorong sikap adil dan bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, pemahaman nilai-nilai Pancasila menjadi landasan penting dalam membangun kepedulian sosial peserta didik di lingkungan sekolah. Kata Kunci: Pemahaman, Nilai-Nilai Pancasila, Kepedulian Sosial, Peserta Didik
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) |
Pengguna Deposit: | 2301542862 . Digilib |
Date Deposited: | 18 Jun 2025 04:35 |
Terakhir diubah: | 18 Jun 2025 04:35 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/89013 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |