RANTIKA , DEWANTI (2025) ANALISIS PERILAKU PHUBBING DALAM ETIKA KOMUNIKASI PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 GEDONG TATAAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (76Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2883Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2123Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Perkembangan teknologi digital yang pesat telah menghadirkan tantangan baru dalam etika komunikasi, khususnya di kalangan peserta didik generasi Z. Salah satu fenomena yang mencerminkan tantangan tersebut adalah perilaku phubbing, yaitu kecenderungan individu untuk mengabaikan komunikasi langsung demi berfokus pada smartphone. Fenomena ini semakin mengkhawatirkan karena berdampak pada menurunnya kualitas etika komunikasi peserta didik, seperti hilangnya rasa saling menghargai dan munculnya sikap tidak sopan dalam berkomunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku phubbing dalam etika komunikasi peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Gedong Tataan, serta mengidentifikasi upaya sekolah dan orang tua dalam menanganinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis dilakukan dengan pendekatan Miles dan Huberman, dengan memerhatikan keabsahan data melalui triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku phubbing cukup sering terjadi di lingkungan sekolah, baik dalam konteks pembelajaran maupun saat interaksi sosial antar peserta didik. Perilaku ini berdampak pada gangguan komunikasi dan penurunan nilai-nilai etika seperti efektivitas komunikasi, sopan santun, serta penghargaan terhadap lawan bicara. Upaya yang dilakukan pihak sekolah dan orang tua meliputi pendekatan edukatif, pembatasan penggunaan smartphone, serta penguatan nilai-nilai etika dalam komunikasi. Penelitian ini diharapkan menjadi acuan untuk membangun kesadaran akan pentingnya etika komunikasi di era digital. Kata Kunci: Etika Komunikasi, Interaksi Sosial, Perilaku Phubbing, Peserta Didik, Ponsel.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) |
Pengguna Deposit: | 2301811039 . Digilib |
Date Deposited: | 18 Jun 2025 13:52 |
Terakhir diubah: | 18 Jun 2025 13:52 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/89021 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |