REVI , LIANA (2025) PENGEMBANGAN PERMAINAN SERGAP KARTU AKSARA (SKA) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI AKSARA LAMPUNG PESERTA DIDIK SDN 2 GEDONG AIR. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK.pdf Download (621Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (5Mb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (5Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Rendahnya literasi aksara Lampung di kalangan peserta didik sekolah dasar menjadi salah satu permasalahan dalam upaya pelestarian budaya Lampung, khususnya dalam pembelajaran Bahasa Lampung. Salah satu faktor penyebabnya adalah keterbatasan media pembelajaran yang menarik, menyenangkan, dan interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji kelayakan, dan mengevaluasi efektivitas media pembelajaran Sergap Kartu Aksara (SKA) berbasis model ADDIE. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) melalui model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan angket kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengembangan media dilakukan secara sistematis sesuai dengan tahapan ADDIE. Produk akhir berupa permainan edukatif berbentuk Kartu yang menampilkan aksara Lampung, dirancang dengan visual menarik dan panduan penggunaan. Media SKA terbukti sangat layak digunakan dalam pembelajaran, berdasarkan validasi dari ahli materi (89,16%), ahli media (91,66%), pendidik (92,5%), dan peserta didik (91,25%). Dari segi efektivitas, media ini mampu meningkatkan ratarata nilai pretest dari 55,19 menjadi 81,00 pada posttest, dengan nilai N-Gain sebesar 77,20% yang termasuk kategori efektivitas tinggi. Simpulannya, Sergap Kartu Aksara (SKA) merupakan media pembelajaran yang layak dan efektif untuk meningkatkan literasi aksara Lampung di sekolah dasar. Kata Kunci: Permainan SKA, Literasi Aksara Lampung, Pengembangan, Media Permainan Edukatif
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 400 Bahasa |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Daerah |
Pengguna Deposit: | 2506577113 Digilib |
Date Deposited: | 20 Jun 2025 05:54 |
Terakhir diubah: | 20 Jun 2025 05:54 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/89144 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |