R. BAGUS, BASHILLA R. (2025) TAHAPAN ALUR PADA NOVEL SI ANAK SPESIAL KARYA TERE LIYE DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (193Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2373Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2317Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tahapan alur pada novel Si Anak Spesial karya Tere Liye serta implikasinya terhadap pembelajaran sastra di sekolah menengah atas. Novel ini dipilih karena memiliki alur yang menarik dan dapat dimanfaatkan sebagai bahan ajar untuk meningkatkan kemampuan apresiasi sastra siswa. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan strategi pembelajaran sastra di sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik analisis isi. Data penelitian berupa narasi dan dialog dalam novel yang memuat informasi terkait tahapan alur. Analisis dilakukan berdasarkan teori alur klasik yang membagi alur ke dalam beberapa tahapan secara kronologis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa novel ini menggunakan alur maju (progresif) yang terdiri atas lima tahapan utama, yaitu: (1) eksposisi (Bab 1–5), memperkenalkan tokoh utama serta latar cerita; (2) komplikasi (Bab 6–12), konflik mulai muncul dan tokoh menghadapi berbagai tantangan; (3) klimaks (Bab 13–17), puncak ketegangan dalam cerita ketika tokoh utama mengalami situasi paling menentukan; (4) peleraian (Bab 18–22), mulai tampak penyelesaian dari konflik utama dalam cerita; dan (5) penyelesaian (Bab 23–25), akhir cerita yang memberikan kesimpulan terhadap peristiwa sebelumnya. Implikasi hasil penelitian ini dapat digunakan untuk melatih siswa menganalisis struktur teks fiksi dan memahami hubungan antara alur dan pengembangan karakter dalam karya sastra. Kata kunci: tahapan alur, novel, pembelajaran sastra, alur maju (progresif).
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum > 001 Ilmu pengetahuan 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah |
Pengguna Deposit: | 2506359809 Digilib |
Date Deposited: | 19 Jun 2025 08:02 |
Terakhir diubah: | 19 Jun 2025 08:02 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/89176 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |