YOHANES, SETIAWAN (2025) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN SENSOR SMARTPHONE DENGAN APLIKASI PHYSICS TOOLBOX SENSOR SUITE TERHADAP KEMAMPUAN MULTIPLE REPRESENTATIONS PESERTA DIDIK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf Download (237Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2533Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2243Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing berbantuan Physics Toolbox Sensor Suite terhadap kemampuan multiple representations peserta didik. Populasi penelitian ini adalah kelas X SMA Negeri 7 Bandar Lampung. Pemilihan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan kelas X.8 yang berjumlah 35 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas X.5 yang berjumlah 34 peserta didik sebagai kelas kontrol. Desain penelitian ini menggunakan Non-Equivalent Control Group Design. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan kemampuan multiple representations dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,64 kategori sedang. Hasil Independent Sample T-test diperoleh bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, yang menunjukkan pengaruh treatment secara signifikan terhadap kemampuan multiple representations peserta didik. Besarnya pengaruh treatment juga ditunjukkan oleh nilai Cohen’s (d) sebesar 1,44 dengan kategori tinggi. Hal ini menunjukan bahwa pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing berbantuan sensor smartphone dengan media Physics Toolbox Sensor Suite berpengaruh besar terhadap kemampuan multiple representations peserta didik. Kata kunci: Inkuiri Terbimbing, Multiple Representations, Physics Toolbox Sensor Suite, Sensor Smartphone
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | 2506217674 Digilib |
Date Deposited: | 19 Jun 2025 14:22 |
Terakhir diubah: | 19 Jun 2025 14:22 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/89214 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |