ALMAS, FAJRINA DHAIFINA (2025) IMPLEMENTASI LEARNING CYCLE 5E DENGAN DESIGN THINKING TERINTEGRASI STEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR SISTEM SISWA SMA PADA TOPIK ENERGI TERBARUKAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf Download (229Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (1686Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1103Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Pendidikan diharapkan dapat mempersiapkan siswa agar mampu berkembang dengan berbagai kemampuan dan keterampilan, terutama dalam keterampilan berpikir sistem tingkat tinggi. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan penerapan Learning Cycle 5E STEM dengan Design Thinking pada topik Energi Terbarukan untuk meningkatkan kemampuan berpikir sistem siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian quasi experimental dengan bentuk non-equivalent control group dengan melibatkan 72 siswa kelas X SMA. Kelas Eksperimen menggunakan Learning Cycle 5E STEM dengan Design Thinking sedangkan kelas kontrol menggunakan Problem Based Learning. Instrumen tes yang digunakan terdiri dari 20 soal pilihan ganda materi energi terbarukan. Instrumen ini sudah disesuaikan dengan indikator kemampuan berpikir sistem siswa. Besar pengaruh pembelajaran model learning cycle 5E terhadap kemampuan berpikir sistem siswa berdasarkan uji effect size sebesar 1,32 dengan kategori besar. Rata-rata n-gain kemampuan berpikir sistem siswa kelas eksperimen sebesar 0,65 dan kelas kontrol sebesar 0,56 dengan kategori sedang pada kedua kelas. Hasil uji independent sample t-test diperoleh nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,001 menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata kemampuan berpikir sistem pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil tersebut dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh penerapan model learning cycle 5E dengan design thinking terintegrasi STEM terhadap kemampuan berpikir sistem siswa pada kelas eksperimen, dengan peningkatan yang lebih tinggi dibanding kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran problem based learning. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Sistem, Learning Cycle 5E, STEM
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | 2506784057 Digilib |
Date Deposited: | 21 Jun 2025 13:52 |
Terakhir diubah: | 21 Jun 2025 13:52 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/89377 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |