STRATEGI DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN PROVINSI LAMPUNG DALAM MENINGKATKAN ANGKA PARTISIPASI PENYANDANG DISABILITAS DI PASAR TENAGA KERJA

SHAFA , HASNADITA (2025) STRATEGI DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN PROVINSI LAMPUNG DALAM MENINGKATKAN ANGKA PARTISIPASI PENYANDANG DISABILITAS DI PASAR TENAGA KERJA. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (3).pdf

Download (131Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL (5).pdf
Restricted to Hanya staf

Download (8Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN (5).pdf

Download (8Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Rendahnya partisipasi penyandang disabilitas di pasar tenaga kerja, khususnya di Provinsi Lampung, mendorong Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung untuk meningkatkan kesiapan kerja mereka melalui strategi peningkatan kualitas layanan pendidikan khusus. Strategi ini diimplementasikan melalui program pembinaan minat bakat dan kreativitas siswa, serta pembinaan dan pengembangan kualitas pendidik dan tenaga kependidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui implementasi strategi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung dalam meningkatkan partisipasi penyandang disabilitas di pasar tenaga kerja berdasarkan teori implementasi strategi Higgins, yang mencakup perencanaan integral dan sistem pengendalian; kepemimpinan, motivasi, dan sistem komunikasi; serta manajemen sumber daya manusia dan kultur organisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pengimplementasiannya, perencanaan yang dilakukan oleh Bidang Pembinaan Pendidikan Khusus telah dilakukan secara menyeluruh meliputi strategi induk, perencanaan antara (program), perencanaan operasional, dan sistem pengendalian, didukung oleh kepemimpinan partisipatif, motivasi kerja, serta sistem komunikasi efektif. Serta manajemen sumber daya yang dimulai dari rekrutmen hingga pemeliharaan pegawai, dan kultur organisasi yang mendukung komunikasi yang terstruktur. Kendala yang dihadapi mencakup terbatasnya dana, minimnya kerja sama dengan dunia usaha, serta belum tersedianya sistem pendataan lulusan SLB dan pengukuran kompetensi guru secara terstruktur. Kata kunci: implementasi strategi, pendidikan, partisipasi kerja, anak berkebutuhan khusus

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 320 Ilmu politik (politik dan pemerintahan)
Program Studi: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK (FISIP) > Prodi S1-Ilmu Administrasi Negara
Pengguna Deposit: 2506194080 Digilib
Date Deposited: 23 Jun 2025 08:06
Terakhir diubah: 23 Jun 2025 08:06
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/89455

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir