PENGARUH KONTEN ‘IQBAAL’ DALAM CHANNEL VINDES DI YOUTUBE TERHADAP GAYA HIDUP GENERASI Z BERPAKAIAN ERA 90AN

Retno , Widya Prameswari (2025) PENGARUH KONTEN ‘IQBAAL’ DALAM CHANNEL VINDES DI YOUTUBE TERHADAP GAYA HIDUP GENERASI Z BERPAKAIAN ERA 90AN. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (18).pdf

Download (296Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL (33).pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2333Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN (20).pdf

Download (1925Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Gaya hidup sudah pasti akan berubah seiring berjalannya waktu, salah satunya ialah gaya hidup dalam konteks berpakaian. Tren fashion 90-an di kalangan generasi Z menjadi suatu hal yang menarik dalam pembahasan mengenai perkembangan fashion. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besaran pengaruh konten ‘Iqbaal’ dalam Channel Vindes di YouTube terhadap gaya hidup generasi Z berpakaian era 90-an. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan melakukan survei pada subscriber Channel YouTube Vindes sebagai populasi penelitian. Jumlah sampel sebanyak 384 diambil menggunakan teknik simple random sampling dengan rumus Lemeshow. Hipotesis penelitian ini ialah terdapat pengaruh konten ‘Iqbaal’ dalam Channel Vindes di YouTube terhadap gaya hidup generasi Z berpakaian era 90-an. Hasil analisis data menunjukkan bahwa korelasi variabel X terhadap Y berada pada kategori tinggi dengan nilai 0,763, artinya hubungan antara variabel X ke Y dapat dikatakan memiliki hubungan yang tinggi. Persamaan regresi diperoleh Y=15,402 + 0,632X, nilai konstanta nya adalah 15,402, pada saat konten ‘Iqbaal’ dalam channel @Vindes bernilai 0 maka gaya hidup gen z berpakaian era 90an sebesar 15,402. Maksudnya, tanpa adanya konten ‘Iqbaal’, gaya hidup berpakaian era 90-an sudah terjadi dan dialami. Koefisien regresi X sebesar 0,632 memiliki makna setiap peningkatan satu satuan konten ‘Iqbaal’ dalam channel @Vindes, maka akan berpengaruh terhadap gaya hidup gen z berpakaian era 90an sebesar 0,632 satuan. Nilai determinasi sebesar 0,582, bermakna kontribusi pengaruh variabel X ke variabel Y adalah sebesar 58,2%. Hasil uji hipotesis T sebesar 23,060>1,966 yang berarti Thitung>Ttabel sehingga hipotesis penelitian ini dapat diterima. Kata Kunci : YouTube, Vindes, Fashion 90-an.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 320 Ilmu politik (politik dan pemerintahan)
300 Ilmu sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi
Program Studi: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK (FISIP) > Prodi S1-Ilmu Komunikasi
Pengguna Deposit: 2506286807 Digilib
Date Deposited: 25 Jun 2025 03:29
Terakhir diubah: 25 Jun 2025 03:29
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/89576

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir