PENGEMBANGAN STRATEGI PEMASARAN RENGGINANG PADA UMKM CUMBUY DI KABUPATEN PESAWARAN

Agustina , Rahayu (2025) PENGEMBANGAN STRATEGI PEMASARAN RENGGINANG PADA UMKM CUMBUY DI KABUPATEN PESAWARAN. FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (88Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1122Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (939Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia, memiliki peran penting dalam penyerapan tenaga kerja dan pertumbuhan ekonomi nasional. UMKM Rengginang Cumbuy adalah salah satu industri rumahan yang mengolah beras ketan menjadi camilan rengginang. Kompetitor baru yang bermunculan saat ini, serta volume penjualan dan konsumen yang fluktuatif menjadi hambatan besar bagi UMKM, oleh karena itu diperlukan identifikasi serta evaluasi perusahaan untuk merancang strategi pemasaran yang efektif agar produk dapat bersaing di pasaran. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, Threat) dan QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix). Analisis SWOT memerlukan identifikasi faktor internal dan eksternal perusahaan. Faktor intenal dianalisis dengan matriks IFAS, sedangkan faktor eksternal dengan matriks EFAS. Hasil identifikasi diperoleh 9 faktor kekuatan, 7 faktor kelemahan, 5 faktor peluang dan 5 faktor ancaman. Kemasan dan varian rasa yang menarik, harga yang terjangkau, produk memiliki sertifikat halal, dan produk memiliki sertifikat P-IRT menjadi kekuatan utama bagi UMKM Rengginang Cumbuy, sedangkan kelemahan utama adalah keterbatasan modal. Bahan baku yang mudah didapatkan menjadi peluang utama bagi UMKM Rengginang Cumbuy, sedangkan Banyaknya pesaing antar industri sejenis menjadi ancaman utama. Berdasarkan hasil analisis matriks SWOT, diperoleh 8 alternatif strategi yang dapat direkomendasikan pada UMKM Rengginang Cumbuy. Berdasarkan hasil analisis matriks QSPM, strategi melakukan inovasi produk secara konsisten agar dapat bersaing dengan kompetitor lain menjadi prioritas utama sebagai strategi yang dapat diterapkan pada UMKM Rengginang Cumbuy. Kata kunci : Rengginang Cumbuy, Matriks SWOT, Matriks QSPM

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: FAKULTAS PERTANIAN (FP) & PASCASERJANA > Prodi S1 Teknologi Hasil Pertanian
Pengguna Deposit: 2506738243 Digilib
Date Deposited: 26 Jun 2025 07:51
Terakhir diubah: 26 Jun 2025 07:51
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/89751

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir