Andhita, Adelia Putri (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE BERBANTUAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE DAN QUESTION CARD TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS V. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (234Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (1531Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA PEMBAHASAN.pdf Download (1622Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini berfokus pada rendahnya hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik kelas V sekolah dasar yang disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya penerapan model pembelajaran yang kurang bervariasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) pengaruh model kooperatif tipe scramble berbantuan media crossword puzzle, 2) pengaruh model kooperatif tipe scramble berbantuan media question card, 3) perbedaan pengaruh antara model kooperatif tipe scramble berbantuan media crossword puzzle dan question card terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik kelas V sekolah dasar. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu non-equivalent control group design. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik sampel jenuh yang terdiri dari kelas eksperimen sebanyak 29 dan kelas kontrol sebanyak 29. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa pilihan jamak menggunakan soal yang sama antara pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa n-gain score pada kelas eksperimen menunjukkan nilai = 0,709 dan pada kelas kontrol menunjukkan nilai = 0,542. Persentase peningkatan pada kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 0,709 > 0,542, yang artinya penerapan model pembelajaran scramble berbantuan media crossword puzzle pada kelas eksperimen lebih efektif dibandingkan dengan penggunaan media question card pada kelas kontrol. Kata kunci: crossword puzzle, hasil belajar, scramble, question card.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 2506431249 Digilib |
Date Deposited: | 26 Jun 2025 09:04 |
Terakhir diubah: | 26 Jun 2025 09:04 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/89815 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |