Annisa Anggun Dwi , Saputri (2025) PENGARUH ONLINE CUSTOMER RATING DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MELALUI KEPUTUSAN PEMBELIAN PENGGUNA APLIKASI E- COMMERCE SHOPEE DI KALANGAN SISWA KELAS XI MAS AL-MUHSIN PUTRI METRO. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (270Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2519Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2126Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Latar belakang dari penelitian ini yaitu, siswa pernah membatalkan pembelian di shopee saat menemui rating dan review produk yang buruk. Selain itu, siswa akan mempertimbangkan kembali dalam melakukan keputusan pembelian di Shopee setelah melihat dan membaca rating dan review. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh online customer rating dan online customer review terhadap kepuasan konsumen melalui keputusan pembelian pengguna aplikasi e-commerce Shopee di kalangan siswa kelas XI MAS Al-Muhsin Putri Metro. penelitian ini menggunakan metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Pengambilan sampel pada penelitian yaitu berbasis populasi atau lebih dikenal dengan sampling jenuh, yang berjumlah 80 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket atau kuesioner, kemudian untuk pengujian hipotesis menggunakan analisis jalur (path Analysis), yang diolah menggunakan program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh simultan online customer rating, online customer review, dan keputusan pembelian terhadap kepuasan konsumen. Kata Kunci : E-Commerce, Kepuasan Konsumen, Keputusan Pembelian, Online Customer Rating, Online customer review The background of this study is that students have canceled purchases on Shopee when they encounter bad product ratings and reviews. In addition, students will reconsider making purchasing decisions on Shopee after seeing and reading ratings and reviews. This study aims to determine the effect of online customer ratings and online customer reviews on consumer satisfaction through purchasing decisions of Shopee e-commerce application users among class XI students of MAS Al-Muhsin Putri Metro. This study uses a descriptive verification method with an ex post facto and survey approach. The sampling in this study was population-based or better known as saturated sampling, totaling 80 students. The data collection technique in this study used a questionnaire, then for hypothesis testing using path analysis, which was processed using the SPSS program. The results of this study indicate that there is a simultaneous influence of online customer ratings, online customer reviews and purchasing decisions on consumer satisfaction. Keywords: Consumer Satisfaction, E-Commerce, Online Customer Rating, Online Customer Review, Purchasing Decisions
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi 400 Bahasa > 407 Pendidikan, riset dan topik terkait tentang Bahasa |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Ekonomi IPS |
Pengguna Deposit: | 2506071892 Digilib |
Date Deposited: | 30 Jun 2025 02:15 |
Terakhir diubah: | 30 Jun 2025 02:15 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/89834 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |