Novita, Indriani (2025) IMPLEMENTASI INSTRUMEN ASSESSMENT AS LEARNING PADA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS MASALAH UNTUK MENSTIMULASI SIKAP ILMIAH SISWA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf Download (231Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (3553Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2360Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Tujuan penelitin ini adalah untuk mengetahui implementasi instrumen Assessment as Learning pada pembelajaran fisika berbasis masalah dalam menstimulasi sikap ilmiah siswa di Kota Bandar Lampung. Penelitian kuantitatif deskriptif ini menggunakan sampel dari siswa kelas XI.F4 SMANLA, Kelas XI.1 SMA GM dan XI.1 SMA JN Tahun Ajaran 2025/2026 yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Desain penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui self-assessment, peer-assessment dan observasi untuk mengetahui sikap ilmiah siswa selama proses pembelajaran. Analisis data menggunakan teknik mapping dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi instrumen AaL dalam pembelajaran fisika berbasis masalah mampu menstimulasi dan memetakan sikap ilmiah siswa secara holistik melalui tiga bentuk penilaian, yaitu self-assessment, peerassessment, dan observasi serta variasi respons siswa antar sekolah yang menunjukkan bahwa penerapan AaL bersifat kontekstual, bergantung pada lingkungan dan karakteristik masing-masing sekolah. Kata Kunci: Assessment as Learning, Problem Based Learning, Sikap Ilmiah.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | 2506291564 Digilib |
Date Deposited: | 01 Jul 2025 02:32 |
Terakhir diubah: | 01 Jul 2025 02:32 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/89941 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |