PENGARUH STRATEGI KOMUNIKASI TERHADAP EFEKTIVITAS KOMUNIKASI UMAT BUDDHA DALAM PROGRAM PUJA BAKTI (Studi Pada Humas Vihara di Bandar Lampung)

RINI, KASRAH (2025) PENGARUH STRATEGI KOMUNIKASI TERHADAP EFEKTIVITAS KOMUNIKASI UMAT BUDDHA DALAM PROGRAM PUJA BAKTI (Studi Pada Humas Vihara di Bandar Lampung). Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ASBTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (222Kb) | Preview
[img] File PDF
2. TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3628Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2342Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Puja bakti merupakan salah satu ritual utama dalam praktik keberagamaan umat Buddha yang berfungsi sebagai sarana pembinaan spiritual dan internalisasi nilainilai Dhamma. Namun, implementasi puja bakti di Vihara Bandar Lampung masih menghadapi sejumlah kendala, seperti rendahnya partisipasi umat akibat kesibukan pribadi, minimnya pemahaman terhadap ajaran Buddha, dan lemahnya motivasi untuk hadir secara rutin. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji pengaruh strategi komunikasi yang diterapkan oleh humas vihara terhadap efektivitas komunikasi umat dalam program puja bakti. Strategi komunikasi dianalisis melalui tujuh variabel: kredibilitas, konteks, isi pesan, kejelasan, kontinuitas dan konsistensi, saluran, serta kapabilitas khalayak. Penelitian ini menggunakan metode campuran (mix methods) dengan desain explanatory sequential menurut Creswell, yang diawali dengan pendekatan kuantitatif melalui penyebaran kuesioner kepada 281 responden umat Buddha, kemudian dilanjutkan dengan pendalaman data secara kualitatif. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan regresi ganda yang menunjukkan bahwa secara simultan ketujuh variabel strategi komunikasi memberikan kontribusi sebesar 73,8% terhadap efektivitas komunikasi dan sisanya 26,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak di teliti dalam penelitian ini dengan pengaruh dominan ditunjukkan oleh kredibilitas (24,1%) dan pengaruh terendah ditunjukkan oleh saluran (3%). Temuan ini menegaskan pentingnya peran humas vihara dalam merancang strategi komunikasi yang terstruktur dan berorientasi pada kebutuhan umat untuk meningkatkan efektivitas pelaksanaan puja bakti di vihara Bandar Lampung. Kata Kunci: Efektivitas Komunikasi, Humas vihara, Strategi Komunikasi, Umat Buddha

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 320 Ilmu politik (politik dan pemerintahan)
300 Ilmu sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi
Program Studi: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK (FISIP) > Prodi S2-Magister Ilmu Komunikasi
Pengguna Deposit: 2506005444 Digilib
Date Deposited: 01 Jul 2025 02:51
Terakhir diubah: 01 Jul 2025 02:51
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/89946

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir