PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK BERBANTUAN TRAINER KIT UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA SMK NEGERI SUKOHARJO

Muhammad, Fu'ad Hadiyastama (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK BERBANTUAN TRAINER KIT UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA SMK NEGERI SUKOHARJO. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Muhammad Fu'ad Hadiyastama .pdf

Download (245Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN - Muhammad Fu'ad Hadiyastama .pdf

Download (2173Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL - Muhammad Fu'ad Hadiyastama .pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2766Kb) | Minta salinan

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk 1) mengidentifikasi potensi dan kondisi pembelajaran mata pelajaran Instalasi Penerangan Listrik di sekolah, 2) mengimplementasikan proses pengembangan media pembelajaran berbantuam Trainer Kit pada mata pelajaran Instalasi Penerangan Listrik pada materi Komponen Instalasi Penerangan Listrik, 3) menguji validitas, kepraktisan, dan efektivitas penerapan penggunaan media pembelajaran berbantuam Trainer Kit pada mata pelajaran Instalasi Penerangan Listrik di SMK Negeri Sukoharjo, dan 4) mengukur tingkat kreativitas siswa dalam proses pembelajaran Instalasi Penerangan Listrik menggunakan media pembelajaran berbantuam Trainer Kit. Metode penelitian yang digunakan ini adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri Sukoharjo dengan subjek penelitian siswa kelas XI TITL 1 berjumlah 34 siswa dan kelas XI TITL 2 yang berjumlah 33 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) beberapa aspek yang dapat mempengaruhi kebutuhan kompetensi siswa dalam pelaksanan pembelajaran Instalasi Penerangan Listrik pada kelas XI, 2) tahapan desain yang dilakukan adalah dengan melakukan analisis konsep materi komponen-komponen instalasi penerangan listrik pada bangunan sederhana, membuat diagram alur, dan validasi ahli, 3) pengembangan media pembelajaran instalasi penerangan listrik berbantuan trainer kit telah teruji “sangat valid” setelah diuji oleh validator ahli desain, ahli materi, dan ahli bahasa dengan presentase 97,5%, 100%, dan 100%. Tingkat kepraktisan penggunan media trainer kit pada uji coba skala terbatas dan uji coba skala luas sebesar 97,5% dan untuk uji coba skala luas adalah 95,21% untuk kelas XI TITL 1 dan 96,06% untuk kelas XI TITL 2 sehingga kategori yang didapatkan adalah sangat praktis. Tingkat efektivitas penggunaan media oleh siswa kelas XI TITL 1 dan kelas XI TITL 2 diperoleh skor N-Gain sebesar 0,63 dan 0,61 dengan tingkat efektivitas “sedang”, dan 4) kreativitas pada siswa kelas XI TITL 1 setelah menggunakan trainer kit terdapat 32 siswa memiliki kategori sangat kreatif sebesar 94,12 % dan terdapat 2 siswa memiliki kategori kreatif sebesar 5,88 %. Selanjutnya kreativitas pada siswa kelas XI TITL 2 setelah menggunakan trainer kit terdapat 30 siswa memiliki kategori sangat kreatif sebesar 90,91 % dan terdapat 3 siswa memiliki kategori cukup kreatif sebesar 9,09 %. Kata kunci : media pembelajaran , trainer kit, instalasi penerangan listrik, kreativitas This development research aims to 1) identify the potential and learning conditions of Electrical Lighting Installation subject in schools, 2) implement the process of developing learning media assisted by Trainer Kit in Electrical Lighting Installation subject on Electrical Lighting Installation Components material, 3) test the validity, practicality, and effectiveness of implementing the use of learning media assisted by Trainer Kit in Electrical Lighting Installation subject in SMK Negeri Sukoharjo, and 4) measure the level of students’ creativity in the learning process of Electrical Lighting Installation using learning media assisted by Trainer Kit. The research method used is Research and Development (R&D) with the ADDIE model. This research was conducted at SMK Negeri Sukoharjo with the research subjects being 34 students of class XI TITL 1 and 33 students of class XI TITL 2. The results of the study indicate that 1) several aspects that can affect students competency needs in implementing Electrical Lighting Installation learning in class XI, 2) the design stages carried out were by analyzing the concept of the material of the components of electrical lighting installations in simple buildings, making flow diagrams, and expert validation, 3) the development of electrical lighting installation learning media assisted by trainer kits has been proven "very valid" after being tested by expert design validators, material experts, and language experts with a percentage of 97.5%, 100%, and 100%. The level of practicality of using the trainer kit media in limited-scale trials and large-scale trials was 97.5% and for large-scale trials it was 95.21% for class XI TITL 1 and 96.06% for class XI TITL 2 so that the category obtained was very practical. The level of effectiveness of media use by students of class XI TITL 1 and class XI TITL 2 obtained an N-Gain score of 0.63 and 0.61 with a "moderate" level of effectiveness, and 4) creativity in students of class XI TITL 1 after using the trainer kit there were 32 students who had a very creative category of 94.12% and there were 2 students who had a creative category of 5.88%. Furthermore, creativity in students of class XI TITL 2 after using the trainer kit there were 30 students who had a very creative category of 90.91% and there were 3 students who had a fairly creative category of 9.09%. Keywords: learning media, trainer kit, electrical lighting installation, creativity

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Teknologi Pendidikan
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 08 Sep 2025 07:14
Terakhir diubah: 08 Sep 2025 07:14
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/90322

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir