Novita , Rahmadania (2024) PENGARUH HAMBATAN SAMPING AKIBAT AKTIVITAS PASAR TUGU TERHADAP KINERJA LALU LINTAS JALAN HAYAM WURUK, BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS LAMPUNG .
|
File PDF
ABSTRAK - Novita Rahmadania.pdf Download (207Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
SKRIPSI TANPA LAMPIRAN - Novita Rahmadania.pdf Restricted to Hanya staf Download (4Mb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
SKRIPSI PEMBAHASAN - Novita Rahmadania.pdf Download (4Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Aktivitas pasar tradisional sering menimbulkan hambatan samping yang mempengaruhi kinerja lalu lintas perkotaan. Penelitian ini menganalisis dampak hambatan samping dari Pasar Tugu terhadap kinerja lalu lintas Jalan Hayam Wuruk, Bandar Lampung. Metode observasi langsung digunakan untuk mengumpulkan data volume lalu lintas, hambatan samping, dan kecepatan kendaraan. Analisis mengacu pada Panduan Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2023. Hasil menunjukkan dengan kapasitas jalan 2227,12 smp/jam (pagi) dan 2421,44 smp/jam (sore). Derajat kejenuhan mencapai 0,91 (pagi) dan 0,75 (sore), mengindikasikan kondisi jenuh di pagi hari. Tingkat pelayanan jalan berada pada kelas E dan ,C menunjukkan arus tidak stabil dengan kecepatan rendah. Hambatan samping maksimum 759 bobot kejadian (kategori tinggi), terutama disebabkan pejalan kaki, kendaraan parkir, dan pedagang kaki lima. Kecepatan arus bebas 34,4 km/jam (pagi) dan 40,32 km/jam (sore). Penelitian ini mengungkapkan adanya pengaruh signifikan hambatan samping terhadap penurunan kinerja lalu lintas di sekitar Pasar Tugu. Temuan ini menekankan pentingnya manajemen lalu lintas yang efektif di kawasan pasar tradisional untuk meningkatkan kinerja jalan dan mengurangi kemacetan. Kata kunci : Hambatan Samping, Kapasitas, Kinerja Lalu Lintas. Traditional market activities often cause side obstacles that affect urban traffic performance. This study analyzes the impact of side obstacles from Tugu Market on traffic performance on Jalan Hayam Wuruk, Bandar Lampung. Direct observation method was used to collect data on traffic volume, side obstacles, and vehicle speed. The analysis refers to the Indonesian Road Capacity Guide (PKJI) 2023. The results show a road capacity of 2227.12 smp/hour (morning) and 2421.44 smp/hour (evening). The degree of saturation reaches 0.91 (morning) and 0.75 (evening), indicating saturated conditions in the morning. The level of road service is in class E and ,C indicating unstable flow with low speed. The maximum side obstacle is 759 incident weights (high category), mainly caused by pedestrians, parked vehicles, and street vendors. The free flow speed is 34.4 km/hour (morning) and 40.32 km/hour (evening). This study reveals a significant effect of side obstacles on the decline in traffic performance around Tugu Market. These findings emphasize the importance of effective traffic management in traditional market areas to improve road performance and reduce congestion.. Keywords: Side Friction, Capacity, Traffic Perfomance.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 600 Teknologi (ilmu terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan |
Program Studi: | FAKULTAS TEKNIK (FT) > Prodi S1-Teknik Sipil |
Pengguna Deposit: | UPT . Siswanti |
Date Deposited: | 09 Sep 2025 02:16 |
Terakhir diubah: | 09 Sep 2025 02:16 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/90359 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |