PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI MENGUBAH BENTUK ENERGI UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

Alamin, Alamin (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI MENGUBAH BENTUK ENERGI UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Mahasiswa Unila (3).pdf

Download (283Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL - Mahasiswa Unila.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1244Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN - Mahasiswa Unila.pdf

Download (975Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul pembelajaran berbasis CTL pada materi mengubah bentuk energi yang praktis, dan efektif untuk meningkatkan literasi sains peserta didik di Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D), pengembangan dilakukan mengacu pada teori Borg & Gall. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV di SD Negeri 1 Srikuncoro Kecamatan Semaka Kabupaten Tanggamus. Sampel penelitian ini ditentukan dengan teknik sampling jenuh yang sesuai dengan tujuan penelitian dan diperoleh kelas IV sebanyak 22 peserta didik. Alat pengumpulan data menggunakan instrumen tes yang valid dan reliabel. E- modul pembelajaran berbasis CTL melalui tahap uji coba validasi ahli materi, media, bahasa dan uji praktikalitas respon pendidik dan peserta didik. Hasil validasi ahli materi memperoleh skor indeks aiken sebesar 0,767 dengan kategori valid, ahli media memperoleh skor indeks aiken sebesar 0,929 dengan kategori sangat valid, ahli bahasa memperoleh skor indeks aiken sebesar 0,742 dengan kategori valid. Hasil uji kepraktisan respon pendidik memperoleh nilai rata-rata presentase sebesar 86,88% dengan kriteria sangat praktis, sedangkan hasil uji kepraktisan respon peserta didik memperoleh rata-rata presentase sebesar 97,59% dengan kriteria sangat praktis. Teknik analisis data menggunakan uji independent sample t-test dengan hasil perhitungan sebesar 0,000 < 005, artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum diberikan perlakuan dengan e-modul pembelajaran berbasis berbasis CTL dan setelah diberikan perlakuan dengan meggunakan e-modul pembelajaran berbasis CTL. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa e-modul pembelajaran berbasis berbasis CTL pada materi mengubah bentuk energi valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan literasi sains peserta didik di Sekolah Dasar. Kata Kunci: Contekstual Teaching and Learning, E-Modul Pembelajaran, Literasi Sains. This research aims to produce a learning e-module based on CTL about changing forms of energy that is practical and effective for increasing students' scientific literacy in elementary schools. This research is a type of Research and Development (R&D) research, the development carried out refers to the Borg & Gall theory. The population in this study were fourth grade students at SD Negeri 1 Srikuncoro, Semaka District, Tanggamus Regency. The sample for this research was class IV, totaling 22 students. Data collection tools use valid and reliable test instruments. CTL based e-module learning goes through stages of testing material, media, validation by language experts and testing the practicality of educators' and students' responses. The validation results of material experts obtained an Aiken index score of 0.767 in the valid category, media experts obtained an Aiken index score of 0.929 in the very valid category, linguists obtained an Aiken index score of 0.742 in the valid category. The results of the practicality test for educators' responses obtained an average percentage score of 86.88% with very practical criteria, while the results of the practicality test for student responses obtained an average percentage of 97.59% with very practical criteria. The data analysis technique uses a independent sample t test with a calculation result of 0.000 < 005, meaning that there is a significant difference between before and after being treated with e-module learning based on CTL. Based on the data obtained from the research results, it can be concluded that e-modules based on CTL are practical and effective for increasing students' scientific literacy in elementary schools. Keywords: Contextual Teaching and Learning, E-Module, Science Literacy.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Keguruan Guru SD (KGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Dito Nipati
Date Deposited: 09 Sep 2025 06:13
Terakhir diubah: 09 Sep 2025 06:13
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/90405

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir