RIKI, ARDIAN (2024) BENTUK TARI SEMBAH MESUJI DI DESA WIRALAGA KABUPATEN MESUJI. FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK - Riki Ardian (1).pdf Download (47Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
2. SKRIPSI FULL - Riki Ardian.pdf Restricted to Hanya staf Download (6Mb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMABAHASAN - Riki Ardian (1).pdf Download (5Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk tari Sembah Mesuji Di Desa Wiralaga Kabupaten Mesuji. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori dari La Meri yang diterjemahkan oleh Soedarsono. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tari Sembah Mesuji merupakan tari penyambutan dengan menyuguhkan tepak yang berisi kapur sirih. Tari Sembah Mesuji ditarikan secara berkelompok yang berjumlah ganjil dari tiga sampai lima penari. Tari ini memiliki sembilan ragam gerak diantaranya beguyur, sembah, ngambek, pantaou, bepisah, gajah bejuang, dengou, kabung, sembah dudok. Musik yang digunakan adalah musik pop Suling Bambu Muppet. Busana yang dipakai adalah pakaian pengantin adat Mesuji seperti Sumatera Selatan kain songket, cempako, teratai dada, gandik kening, kembang melati, paksangko, kalung tapak jajo, selempang sawit,kecak lengan, pending, gelang kano. Tata rias yang digunakan sangat sederhana dan terlihat natural. Properti yang digunakan yaitu tepak yang didalamnya memiliki isi kapur sirih, daun sirih, tembakau dan getah pinang. Tari Sembah Mesuji memiliki dua pola lantai berbentuk vertikal dan segitiga dengan penari bagian depan sebagai patokan. Kata Kunci: Bentuk Tari, Tari Sembah Mesuji, Desa Wiralaga. This research aims to describe the dance form of Sembah Mesuji dance in Desa Wiralaga Kabupaten Mesuji. This research utilized qualitative methods with observation, interview, and documentation data collecting techniques. The theory applied in this research is based on La Meri as interpreted by Soedarsono. The research findings show that Sembah Mesuji dance could be a welcoming dance that gives a tepak containing whiting. It consists of nine development varieties, including beguyur, sembah, ngambek, pantaou, bepisah, gajah bejuang, dengou, kabung, and sembah dudok. The music accompanying the dance is Suling Bambu Muppet pop music. The costumes worn are traditional Mesuji wedding attire, comparable to South Sumatra's traditional clothing, including songket fabric, cempako, teratai dada, gandik kening, kembang melati, paksangko, tapak jajo necklace, sawit sash, kecak lengan, pending, and kano bracelet. The cosmetics utilized are exceptionally basic and appear common. The properties include a tepak containing whiting, betel leaves, tobacco, and pinang resin. The Sembah Mesuji dance highlights two types of floor patterns which are vertical and triangular, with the front dancer as the reference point. Keywords:Dance Form, Sembah Mesuji Dance, Desa Wiralaga.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 700 Seni, seni rupa, kesenian |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Seni Drama, dan Tari |
Pengguna Deposit: | UPT . Dito Nipati |
Date Deposited: | 09 Sep 2025 06:24 |
Terakhir diubah: | 09 Sep 2025 06:24 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/90407 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |