MIRANDA , DWI SAPITRI (2025) MODEL PERILAKU PEMILIH GENERASI Z PADA PEMILIHAN UMUM WALIKOTA PAGAR ALAM TAHUN 2024. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (278Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA LAMPIRAN.pdf Restricted to Hanya staf Download (2026Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA PEMBAHASAN.pdf Download (1984Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini dilatar belakangi oleh karakteristik Generasi Z yang masih sering bersikap apatis, masih ditemukannya praktik money politic, serta pengetahuan politik yang masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku pemilih dan partisipasi politik Generasi Z pada Pemilihan Walikota Pagar Alam tahun 2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden Generasi Z di Kota Pagar Alam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku pemilih Generasi Z di Kota Pagar Alam cenderung lebih rasional dengan mempertimbangkan Visi dan Misi (90%), Program Kerja (82%), dan rekam jejak (79%) kandidat. Namun, perilaku mereka juga masih dipengaruhi oleh faktor sosiologis dan psikologis. Pada aspek sosiologis yang paling mempengaruhi berasal dari teman sebaya (40%), agama (38%), dan keluarga/orang tua (32%). Sedangkan dari aspek psikologis, yang paling mempengaruhi adalah kaum intelektual (36%) serta kharisma dan penampilan fisik (36%), diikuti oleh ketokohan (33%). Dari sisi partisipasi politik, Generasi Z cukup tinggi dalam penggunaan hak pilih (86%). Namun, partisipasi dalam kegiatan lain masih rendah, seperti kampanye (18%), menjaga ketertiban (24%), menjadi petugas pemilu (25%), dan mengikuti debat publik paslon (37%). Selain itu, hanya (48%) responden yang aktif mengikuti perkembangan informasi politik. Kata Kunci: Perilaku Pemilih, Partisipasi Politik, dan Generasi Z. This study was motivated by the characteristics of Generation Z, who often exhibited apathy, the continued presence of money politics, and insufficient political knowledge. The aim of this study was to analyze the voting behavior and political participation of Generation Z in the 2024 Pagar Alam Mayoral Election. This study employed a quantitative descriptive approach with data collection techniques through the distribution of questionnaires to 100 Generation Z respondents in Pagar Alam City. The results showed that the voting behavior of Generation Z in Pagar Alam City tended to be more rational, taking into account the candidates' vision and mission (90%), work program (82%), and track record (79%). However, their behavior was also influenced by sociological and psychological factors. The most influential sociological aspects came from peers (40%), religion (38%), and family/parents (32%). Meanwhile, from a psychological aspect, the most influential factors were intellectuals (36%) and charisma and physical appearance (36%), followed by leadership (33%). In terms of political participation, Generation Z demonstrated a relatively high use of voting rights (86%). However, participation in other activities remained low, such as campaigns (18%), maintaining order (24%), becoming election officials (25%), and following public debates between candidate pairs (37%). In addition, only 48% of respondents actively followed political developments. Keywords: Voter Behavior, Political Participation, Generation Z.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 320 Ilmu politik (politik dan pemerintahan) > 323 Hak-hak sipil dan politik 300 Ilmu sosial > 350 Administrasi publik dan ilmu militer > 351 Administrasi publik |
Program Studi: | FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK (FISIP) > Prodi S1-Ilmu Administrasi Negara |
Pengguna Deposit: | 2507915568 Digilib |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 07:29 |
Terakhir diubah: | 25 Sep 2025 07:29 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/90591 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |