POLA PELAYANAN PUBLIK JAKSA PENGACARA NEGARA (JPN) KEJAKSAAN TINGGI LAMPUNG DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN HUKUM GRATIS

Ririn, Kiranandini Rachel Saraswati (2025) POLA PELAYANAN PUBLIK JAKSA PENGACARA NEGARA (JPN) KEJAKSAAN TINGGI LAMPUNG DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN HUKUM GRATIS. [Diploma/Tugas Akhir]

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (261Kb) | Preview
[img] File PDF
TA FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2546Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
TA FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2542Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Kejaksaan Tinggi Lampung memiliki tanggung jawab untuk memastikan akses terhadap keadilan melalui Pelayanan Hukum Gratis oleh Jaksa Pengacara Negara (JPN) Kejaksaan Tinggi Lampung yang diharapkan dapat dirasakan oleh masyarakat yang membutuhkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola pelayanan publik Jaksa Pengacara Negara (JPN) Kejaksaan Tinggi Lampung dalam memberikan pelayanan hukum gratis dan hambatan-hambatannya selama pelaksanaan pelayanan hukum gratis. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui obseravasi, wawancara dengan Jaksa Pengacara Negara (JPN) Kejaksaan Tinggi Lampung dan masyarakat, serta studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan hukum gratis Jaksa Pengacara Negara (JPN) Kejaksaan Tinggi Lampung memiliki pola pelayanan yang bersifat proaktif dan responsif, pola pelayanan yang baik adalah mengacu ada pola komunikasi pelayanan. Meskipun demikian, terdapat kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pelayanan hukum gratis seperti kurangnya sarana penunjang pelayanan, kurangnya pelatihan komunikasi bagi JPN, kurangnya kerjasama dengan pihak eksternal tempat pos pelayanan berada, keterbatasan informasi dan akses informasi, masih adanya stigma buruk dari masyarakat, dan kurangnya minat masyarakat pada literasi hukum. Kata Kunci: Jaksa Pengacara Negara, Kejaksaan Tinggi, Komunikasi, Pola Pelayanan, Pelayanan Hukum The Lampung High Prosecutor's Office has a responsibility to ensure access to justice through Free Legal Services by the State Attorney (JPN) of the Lampung High Prosecutor's Office which is expected to be felt by the people in need. This study aims to determine the public service pattern of the State Attorney (JPN) of the Lampung High Prosecutor's Office in providing free legal services and the obstacles during the implementation of free legal services. This study uses a qualitative method with data collection techniques through observation, interviews with the State Attorney (JPN) of the Lampung High Prosecutor's Office and the community, and literature studies. The results of the study indicate that the free legal services of the State Attorney (JPN) of the Lampung High Prosecutor's Office have a proactive and responsive service pattern, a good service pattern is referring to the service communication pattern. However, there are obstacles faced in the implementation of free legal services such as the lack of supporting facilities for services, lack of communication training for JPN, lack of cooperation with external parties where the service post is located, limited information and access to information, the persistence of negative stigma from the community, and the lack of public interest in legal literacy. Keywords: State Attorney, High Prosecutor's Office, Communication, Service Pattern, Legal Services

Jenis Karya Akhir: Diploma/Tugas Akhir
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 303 Proses sosial
300 Ilmu sosial > 305 Kelompok-kelompok sosial:
Program Studi: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK (FISIP) > Prodi D3-Hubungan Masyarakat
Pengguna Deposit: 2507328902 Digilib
Date Deposited: 01 Oct 2025 02:25
Terakhir diubah: 01 Oct 2025 02:25
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/90654

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir