PERAN GURU DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK KELAS RENDAH DI SEKOLAH DASAR

MAHYA, LUTFIA RIDHA (2025) PERAN GURU DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK KELAS RENDAH DI SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (105Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1692Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHAAN.pdf

Download (1490Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Urgensi penelitian ini terletak pada masih adanya peserta didik kelas rendah yang mengalami kesulitan dalam membaca permulaan. Kondisi ini menuntut peran aktif guru dalam mengatasi hambatan tersebut melalui strategi pembelajaran yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru sebagai pembimbing, fasilitator, dan evaluator dalam mengatasi kesulitan membaca peserta didik kelas rendah. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari guru kelas rendah, kepala sekolah, orang tua, dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) sebagai pembimbing, guru memberikan pendampingan secara individual dan kelompok kecil. 2) sebagai fasilitator, guru menyediakan media pembelajaran sederhana, memilih buku sesuai kemampuan siswa, serta berinisiatif mengatasi keterbatasan sarana sekolah. 3) sebagai evaluator, guru melakukan penilaian berkala dan memberikan tindak lanjut melalui bimbingan lanjutan serta pelibatan orang tua. Kata kunci: kelas rendah, kesulitan membaca, peran guru, peserta didik, sekolah dasar.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2507743239 Digilib
Date Deposited: 02 Oct 2025 07:29
Terakhir diubah: 02 Oct 2025 07:29
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/90711

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir