ANALISIS SATUAN PENDIDIKAN RAMAH ANAK DI SEKOLAH DASAR

MITA , TRI FEBRIYANTI (2025) ANALISIS SATUAN PENDIDIKAN RAMAH ANAK DI SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF (anyone)
ABSTRAK SKRIPSI Mita Tri Febriyanti 2113053001_PGSD.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img] File PDF (Registered staff only)
Skripsi_Mita Tri Febriyanti 2113053001_PGSD Unila.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF (Anyone)
Skripsi Full Tanpa Pembahasan_Mita Tri Febriyanti.pdf

Download (4067Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Permasalahan dalam penelitian ini berangkat dari belum optimalnya penerapan prinsip-prinsip Satuan Pendidikan Ramah Anak di SDN S, seperti kurangnya pemahaman tenaga pendidik terhadap teknologi, keterbatasan fasilitas sekolah, serta rendahnya kepedulian dan sopan santun peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen layanan, tenaga layanan, fasilitas layanan, dan produk layanan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan desain studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi yang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah telah berupaya menerapkan prinsip prinsip ramah anak melalui kebijakan dan program yang melibatkan seluruh warga sekolah. 1)Manajemen layanan sudah berjalan secara partisipatif, 2)Tenaga layanan telah berperan sebagai fasilitator belajar, 3)Fasilitas sebagian besar memadai meskipun masih ada yang perlu ditingkatkan, dan 4)Produk layanan menunjukkan adanya upaya menciptakan suasana belajar yang aman, nyaman, dan mendukung perkembangan peserta didik secara holistik. Kata Kunci: fasilitas layanan, manajemen layanan, produk layanan, tenaga layanan, satuan pendidikan ramah anak The problems in this study came from the less-than-optimal implementation of the principles of Child-Friendly Education Units at SDN S, such as the lack of understanding of educators regarding technology, limited school facilities, and low concern and politeness of students. This study aimed to describe service management, service personnel, service facilities, and service products. The research method used was a descriptive qualitative approach with a case study design. Data collection techniques were carried out through interviews, observations, and documentation studies. The results of the study showed that the school made efforts to implement child-friendly principles through policies and programs that involved the entire school community. 1) Service management was carried out in a participatory manner, 2) Service personnel acted as learning facilitators, 3) Facilities were mostly adequate although there were still some that needed to be improved, and 4) Service products showed efforts to create a safe, comfortable learning atmosphere that supported the holistic development of students. Keywords: service facilities, service management, service products, service personnel, child-friendly education units

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2507712021 Digilib
Date Deposited: 03 Oct 2025 07:05
Terakhir diubah: 03 Oct 2025 07:05
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/90735

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir