MANAJEMEN BUDAYA SEKOLAH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

AYU, KATMIANTI (2025) MANAJEMEN BUDAYA SEKOLAH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. FKIP, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK SKRIPSI AYU KATMIANTI.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL TANPA LAMPIRAN.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1040Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (849Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Manajemen budaya sekolah merupakan upaya sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan dan pembentukan karakter peserta didik yang berdampak besar terhadap pembelajaran dan pengembangan kemampuan peserta didik yang cerdas dan berkarakter. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan perencanaan budaya sekolah dalam pembentukan karakter di SDN MT, 2) mendeskripsikan pengorganisasian budaya sekolah dalam pembentukan karakter peserta didik SDN MT, 3) menganalisis pelaksanaan budaya sekolah dalam pembentukan karakter peserta didik SDN MT, 4) menganalisis pengawasan budaya sekolah dalam pembentukan karakter peserta didik SDN MT. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Sumber data penelitian adalah kepala sekolah, pendidik, tenaga kependidikan, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan budaya sekolah sudah dijalankan dengan adanya visi dan misi fokus pada pembentukan karakter, dokumen rencana kegiatan budaya sekolah, fokus sekolah dalam pembentukan karakter, dan keterlibatan pemangku kepentingan, (2) pengorganisasian budaya sekolah sudah dijalankan dengan adanya struktur organisasi budaya sekolah yang jelas, peran aktif berbagai pihak, dan koordinasi secara teratur antar pihak, (3) pelaksanaan budaya sekolah diimplementasikan melalui kegiatan pembiasaan, penanaman nilai karakter dalam pembiasaan kegiatan, dan praktik nyata dalam kehidupan sehari-hari, (4) pengawasan budaya sekolah dilakukan dengan evaluasi pelaksanaan budaya sekolah setiap akhir semester, tindak lanjut hasil evaluasi, penanganan pelanggaran budaya sekolah, dan peran aktif berbagai pihak. Kata kunci: budaya sekolah, karakter peserta didik, manajemen School culture management was an effort by the school to improve the quality of education and character formation of students, which had a significant impact on learning and the development of intelligent and character-building abilities of students. This research aimed to 1) describe the planning of school culture in character formation at SDN MT, 2) describe the organization of school culture in the character formation of students at SDN MT, 3) analyze the implementation of school culture in the character formation of students at SDN MT, 4) analyze the supervision of school culture in the character formation of students at SDN MT. This study employed a qualitative approach using a case study method. The sources of data included the school principal, teachers, educational staff, and students. Data war collected through in-depth interviews, observations, and document analysis. The research results showed that (1) school culture planning had been implemented with a vision and mission focused on character building, school culture activity plan documents, school focus on character building, and stakeholder involvement, (2) school culture organization had been implemented with a clear school culture organizational structure, active roles of various parties, and regular coordination among parties. (3) the implementation of school culture had been carried out through habituation activities, instilling character values in habitual activities, and real-life practices in daily life. (4) School culture supervision had been carried out through the evaluation of school culture implementation at the end of each semester, follow-up on evaluation results, handling of school culture violations, and the active role of various parties. Keywords: school culture, student character, management

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 306 Kultur, ilmu budaya, kebudayaan dan lembaga-lembaga, institusi
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2507844613 Digilib
Date Deposited: 03 Oct 2025 08:29
Terakhir diubah: 03 Oct 2025 08:29
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/90800

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir