IHDAST , NAINI MARETTA (2025) PENGARUH MODEL PBL TERINTEGRASI STRATEGI FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (242Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (3638Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2341Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PBL terintegrasi strategi Flipped Classroom terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi pokok Perubahan Iklim dan tanggapan peserta didik terhadap model pembelajaran yang telah dilakukan. Penelitian ini menggunakan desain eksperimental semu dengan pola desain yaitu Pretest-Posttest Non-equivalen Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas X SMAN 16 Bandar Lampung semester genap yang berjumlah 320 peserta didik. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas X.9 sebagai kelas eksperimen berjumlah 32 peserta didik dan kelas X.7 sebagai kelas kontrol berjumlah 32 peserta didik yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Data kemampuan pemecahan masalah diperoleh melalui tes dan dianalisis menggunakan Independent sample t-test, sedangkan data tanggapan peserta didik dan keterlaksanaan sintaks diambil dengan angket dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen lebih tinggi (N-Gain 0,38) dari kelas kontrol (N-Gain 0,27). Hasil uji Independent Sample t- test didapatkan nilai sig. (2-tailed) 0,00 < 0,05 artinya H1 diterima. Hasil ini juga didukung oleh uji effect size yang menunjukkan model PBL terintegrasi strategi Flipped Classroom berpengaruh dengan kategori sedang (0,73) terhadap kemampuan pemecahan masalah. Indikator tertinggi yaitu memahami masalah dengan (N-Gain 0,40) dengan kategori “sedang” dan indikator terendah yaitu melaksanakan penyelesaian masalah sebesar (N-Gain 0,34). Hasil analisis data angket tanggapan peserta didik, menunjukkan hampir semua setuju (87,50%) bahwa model PBL terintegrasi strategi Flipped Classroom membantu mereka dalam melatih kemampuan pemecahan masalah. Dengan demikian, penerapan model PBL terintegrasi strategi Flipped Classroom berpengaruh signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah. Kata kunci: Perubahan Iklim, kemampuan pemecahan masalah, PBL terintegrasi strategi Flipped Classroom.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 2507302333 Digilib |
Date Deposited: | 07 Oct 2025 07:08 |
Terakhir diubah: | 07 Oct 2025 07:08 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/90872 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |