Adi, Kurniawan (2025) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK BERBASIS ANDROID PADA MATERI MASA PENDUDUKAN JEPANG DI INDONESIA 1941–1945 SEBAGAI KEMAMPUAN HISTORICAL NARRATIVE SISWA KELAS XI.2 SMAN 3 METRO. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK.pdf Download (5Mb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (5Mb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (5Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan menguji efektivitas aplikasi komik berbasis Android Sejarahku sebagai media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan kemampuan historical narrative pada materi pendudukan Jepang di Indonesia tahun 1942–1945 dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil pengembangan menunjukkan bahwa aplikasi Sejarahku layak digunakan sebagai media pembelajaran. Penilaian ahli media memperoleh skor 88 (rata-rata 4,6) dengan kategori sangat layak, ahli materi memberi skor 81 (rata-rata 4,5) dengan kategori sangat layak, sedangkan praktisi pendidikan memberikan skor 109 (rata-rata 4,67) dengan kategori sangat layak. Respon peserta didik pada uji coba terbatas juga menunjukkan nilai 76,4% dengan kategori layak. Uji efektivitas memperlihatkan peningkatan nilai rata-rata dari 49,5 (pretest) menjadi 84 (posttest) dengan selisih 34,5 poin, dan uji Paired Sample t-Test menunjukkan sig. 0,000 < 0,05, sehingga media ini terbukti berpengaruh positif terhadap hasil belajar. Distribusi posttest menempatkan 3 siswa pada kategori sangat tinggi, 6 siswa kategori tinggi, dan mayoritas pada kategori cukup. Dengan demikian, aplikasi Sejarahku efektif meningkatkan hasil belajar sekaligus kemampuan historical narrative peserta didik. Kata Kunci: Aplikasi, Komik Digital, Media Pembelajaran
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 900 Sejarah dan Geografi |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Sejarah IPS |
Pengguna Deposit: | 2507804054 Digilib |
Date Deposited: | 08 Oct 2025 01:38 |
Terakhir diubah: | 08 Oct 2025 01:38 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/90891 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |