PENGARUH MODEL PROBLEM-BASED LEARNING TERINTEGRASI SSI BERBANTUAN E-LKPD TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK

NABILA AGNIA , PUTRI (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM-BASED LEARNING TERINTEGRASI SSI BERBANTUAN E-LKPD TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (300Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2641Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1720Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PBL terintegrasi SSI berbantuan e-LKPD terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Penelitian ini menggunakan desain eksperimental semu dengan pola desain yaitu Pretest-posttest Non-equivalen Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari 60 peserta didik kelas VII yang diambil dari populasi berjumlah 298 peserta didik SMPN 17 Bandar Lampung melalui teknik cluster random sampling. Data kemampuan pemecahan masalah diperoleh melalui tes dan dianalisis menggunakan uji Independent Sample t-Tes, sedangkan data keterlaksanaan sintaks dan tanggapan peserta didik diambil dengan angket lalu dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen lebih tinggi (N-Gain = 064) dari kelas kontrol (N-Gain = 0,44). Hasil uji Independent Sample tTes didapatkan nilai sig. (2-tailed) 0,00 < 0,05 artinya H1 diterima. Hasil ini juga didukung oleh uji effect size yang menunjukkan model PBL terintegrasi SSI berbantuan e-LKPD berpengaruh besar (1,26) terhadap kemampuan pemecahan masalah. Indikator kemampuan pemecahan masalah tertinggi pada kelas eksperimen adalah memahami masalah (N-Gain = 0,89) sedangkan indikator terendah yaitu melaksanakan rencana (N-Gain = 0,29). Hasil analisis data angket tanggapan peserta didik menunjukkan sebagian besar peserta didik setuju (84,89%) bahwa model PBL terintegrasi SSI membantu mereka dalam melatih kemampuan pemecahan masalah. Dengan demikian, penerapan model PBL terintegrasi SSI berbantuan e-LKPD berpengaruh signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Kata kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Model Problem-Based Learning Terintegrasi SSI, Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2507798509 Digilib
Date Deposited: 09 Oct 2025 02:10
Terakhir diubah: 09 Oct 2025 02:10
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/90911

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir