KARINA, CAHYA UTAMI (2025) PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) BERBANTUAN MEDIA EDUCANDY TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK SD. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf Download (230Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (1722Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1482Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Rendahnya hasil belajar ranah kognitif peserta didik pada mata pelajaran Matematika di SDN 1 Margoyoso menjadi permasalahan penelitian ini. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) berbantuan media Educandy terhadap hasil belajar peserta didik, serta perbedaan hasil belajar antara pembelajaran menggunakan media educandy dan pembelajaran tanpa media educandy. Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental dengan desain non equivalent control group design. Sampel penelitian terdiri dari 41 peserta didik kelas IVA dan IVB yang dipilih melalui teknik purposive sampling dari total populasi 240 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan non-tes. Analisis data dilakukan dengan uji regresi linier sederhana dan uji independent t-test. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa pendekatan RME berbantuan media educandy berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik sebesar 52,4% dan hasil uji independent t-test menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar antara pembelajaran menggunakan media educandy dan tanpa media educandy dengan nilai signifikansi sebesar 0,003. Kata kunci: educandy, hasil belajar, realistic mathematics education
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 2507752569 Digilib |
Date Deposited: | 09 Oct 2025 08:08 |
Terakhir diubah: | 09 Oct 2025 08:08 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/90957 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |