Ismul Nurul , Khasanah (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS V SD. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung .
|
File PDF
1. ABSTRAK.pdf Download (287Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2097Kb) |
|
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1892Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Permasalahan yang terdapat dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan komunikasi matematis dalam pembelajaran matematika peserta didik kelas V SD Negeri 2 Hargomulyo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas V SD Negeri 2 Hargomulyo dan (2) perbedaan kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu teknik purposive sampling, populasi berjumlah 209 peserta didik dengan sampel penelitian berjumlah 38 orang peserta didik. Instrumen pengumpulan data berupa teknik tes dan non tes. Hasil penelitian pada uji hipotesis pertama menggunakan regresi linear sederhana dan memperoleh Fhitung = 60,495 ≥ nilai Ftabel = 4,413 dengan α = 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas V SD. Hasil penelitian pada uji hipotesis kedua menggunakan uji-t dengan hasil thitung = 2,187 ≥ ttabel = 2,028 dengan taraf signifikan 0,05 sehingga terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kata kunci: komunikasi matematis, matematika SD, model problem based learning, quasi
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 2507675535 Digilib |
Date Deposited: | 10 Oct 2025 07:47 |
Terakhir diubah: | 10 Oct 2025 07:47 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/90973 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |