PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HIGH ORDER THINKING SKILL PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SEKOLAH DASAR

Dwi Ayu , Damayanti (2025) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HIGH ORDER THINKING SKILL PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (37Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4007Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2283Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Permasalahan yang ditemukan dalam penelitian ini adalah siswa mengalami kesulitan dalam menganalisis, mengevaluasi, dan memecahkan permasalahan secara logis dan sistematis. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis PBL yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan HOTS. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D). Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VA di SDN 2 Tepung Sari. Sampel penelitian ini ditentukan dengan teknik cluster rendom sampling. Sampel penelitian ini adalah kelas V A sebanyak 24 peserta didik. Alat pengumpulan data dalam penelitian menggunakan instrumen tes dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji independent sample t-test. LKPD berbasis PBL melalui tahap uji kevalidan yang terdiri atas uji validasi ahli materi, media, bahasa, serta uji melalui tahap uji kepraktisan respon pendidik dan peserta didik. 1) Hasil validasi ahli materi memperoleh skor rata-rata 75%, ahli media 76%, ahli bahasa 77% dengan kategori valid. 2) Hasil uji kepraktisan respon pendidik dan peserta didik memperoleh rata-rata 90% dengan kriteria sangat praktis. 3) Hasil perhitungan analisis data memperoleh nilai signifikansi sebesar <0,001 <005, artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pre test dan post test. Kata Kunci: HOTS, LKPD, Pembelajaran Matematika, PBL The problems identified in this research were that most students struggled to analyze, evaluate, and solve problems in a logical and systematic manner. This research aims to develop student worksheets based on problem-based learning that are valid, practical, and effective for improving high-order thinking skills. This research is a type of Research and Development (R&D) research. The population in this study was VA class students at SDN 2 Tepung Sari. The sample for this study was determined using the cluster random sampling technique. The sample for this research was class V A with 24 students. Data collection tools in research use test instruments and questionnaires. The data analysis technique uses the independent sample t-test. Problem-based learning LKPD goes through a validity testing stage which consists of material, media, language expert validation tests, as well as testing through the practicality test stage of educators' and students' responses. 1) Validation results from material experts obtained an average score of 75%, media experts 76%, language experts 77% in the valid category. 2) The results of the practicality test responses from educators and students obtained an average of 90% with very practical criteria. 3) The results of data analysis calculations obtained a significance value of <0.001 <005, meaning that there was a significant difference between the pre-test and post-test scores. Keywords: HOTS, LKPD, Mathematics Learning, PBL

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Keguruan Guru SD (KGSD)
Pengguna Deposit: 2507813609 Digilib
Date Deposited: 10 Oct 2025 08:38
Terakhir diubah: 10 Oct 2025 08:38
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91011

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir