PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI ASSEMBLR EDU SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI SMA NEGERI 3 METRO TAHUN AJARAN 2024/2025

ANINDYA , PRAMESWARI (2025) PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI ASSEMBLR EDU SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI SMA NEGERI 3 METRO TAHUN AJARAN 2024/2025. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (75Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (956Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (838Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Motivasi belajar merupakan faktor penting yang memengaruhi keberhasilan peserta didik dalam proses pembelajaran. Pada kenyataanya motivasibelajar peserta didik pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 3 Metro masihtergolong cukup rendah, sebagaimana ditunjukkan melalui hasil observasi danangket motivasi belajar yang telah dilakukan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan motivasi belajar yaitu dengan memanfaatkanmedia pembelajaran interaktif seperti aplikasi Assemblr EDU. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif daripenggunaan aplikasi Assemblr EDU sebagai media pembelajaran interaktifterhadap motivasi belajar peserta didik pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI SMA Negeri 3 Metro Tahun Ajaran 2024/2025. Metode yang digunakan adalah pre-experimental design dengan desain one-group pretest-posttest design. Sampelpenelitian adalah Kelas XI.6 sebagai kelompok eksperimen, yang dipilih secarapurposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa angket. Teknik analisisdata menggunakan uji Shapiro-Wilk (normalitas), uji Deviation from Linearity(linearitas), dan uji Regresi Linier Sederhana (hipotesis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar peserta didik padakelompok eksperimen mengalami peningkatan setelah diberi perlakuan,ditunjukkan dari kenaikan nilai rata-rata dari 90,53 menjadi 114,31, dengan hasilanalisis uji hipotesis memperoleh nilai Sig. sebesar 0,000 < 0,05 dengan koefisienregresi sebesar 23,778. Selanjutnya, hasil uji Cohen’s d menghasilkan nilai 2,11yang termasuk dalam kategori pengaruh yang sangat besar. Dengan demikian, dapat disimpulkan penggunaan aplikasi Assemblr EDU berpengaruh positif terhadap peningkatan motivasi belajar pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XISMAN 3 Metro, sehingga layak diterapkan sebagai media pembelajaran yanginteraktif dan menyenangkan. Kata Kunci: Assemblr EDU, Media Pembelajaran, Motivasi Belajar

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 509 Sejarah, perlakuan geografis, biografi
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Sejarah IPS
Pengguna Deposit: 2507189937 Digilib
Date Deposited: 10 Oct 2025 09:11
Terakhir diubah: 10 Oct 2025 09:11
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91034

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir