PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN FILM PENDEK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS IV SD

DWI , OKTAVIANINGSIH (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN FILM PENDEK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS IV SD. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (292Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1462Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1233Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV sekolah dasar pada pembelajaran IPAS. Penelitian ini bertujuan: (1) mengetahui pengaruh penerapan model problem based learning berbantuan film pendek terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik; (2) mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik antara penerapan model problem based learning berbantuan film pendek di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode quasi experiment dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik SD Negeri 1 Tri Rejomulyo dengan sampel penelitian peserta didik kelas IV yang berjumlah 39 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, kelas IV A sebagai kelas kontrol dan kelas IV B sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana dan uji-t. Hasil analisis data menunjukkan: (1) terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan model problem based learning berbantuan film pendek terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan uji regresi linier sederhana yang menunjukkan hasil diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,002 < 0,05; (2) adanya perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis peserta didik antara penerapan model problem based learning berbantuan film pendek dibanding kelas yang hanya menggunakan model problem based learning saja, dengan nilai signifikansi sebesar 0,026 < 0,05. Kata Kunci: berpikir kritis, film pedek, IPAS, problem based learning, SD

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2507903839 Digilib
Date Deposited: 14 Oct 2025 01:10
Terakhir diubah: 14 Oct 2025 01:10
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91068

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir