M. SHABIEL ANDREANT AKBAR , AKBAR (2025) ANALISIS STRATEGI PEMENANGAN PARTAI GERINDA DALAM PEMLIHAN GUBERNUR LAMPUNG TAHUN 2024. ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (331Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (8Mb) |
|
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2668Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK ANALISIS STRATEGI PEMENANGAN PARTAI GERINDA DALAM PEMLIHAN GUBERNUR LAMPUNG TAHUN 2024 Oleh M. SHABIEL ANDREANT AKBAR Pada Pilgub 2024 silam, Rahmat-Jihan memperoleh suara kemenangan telak yakni 82,7 % tentu perolehan suara ini tidak terlepas dari peran dan strategi yang digunakan partai gerindra untuk memperoleh suara tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan stratetgi pemenangan yang digunakan partai gerindra dalam Pigub 2024 di Provinsi Lampung. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori tipe-tipe strategi yang dikemukakan Peter Schroder dalam memilih (Nursal, Adman 2004:162) sebagai analisis pemecahan masalah, jenis-jenis strateginya yaitu, strategi defensif, strategi ofensif, strategi pencitraan dan strategi ketokohan. Hasil penelitian yang ditemukan adalah strategi ofensif yang digunakan adalah dengan melakukan ekspedisi ke daerahh 3T, kampanye yang berfokus pada sektor pertanian dan pemasangan spanduk dan baliho pasangan calon. Strategi defensif yang digunakan adalah dengan pembentukan tim sedesa, penguatan basis masa, dan pembentukan tim kemenangan di berbagai daerah. Strategi Ketokohan yang dilakukan adalah dengan adanya koalisi 12 partai yang meliputi 7 partai parlemen dan 5 non partai non parlemen, selain itu tidak bisa dipungkiri strategi yang ketokohan yang paling memberikan dampak besar adalah adanya pengaruh ketokohan Prabowo subianto. Sedangkan strategi pencitraan yang dilakukaan adalah dengan membawa ide kampanye yang pro generasi muda, kampanye melalui hiburan dan kampanye melalui media sosial. Dari keempat strategi tersebut strategi yang dominan menciptakan lumbung-lumbung suara pada Pilgub 2024 adalah strategi ketokohan dan strategi pencitraan, Dimana pengaruh ketokohan Prabowo subianto dan juga kampanye yang massif melalui media sosial mampu menarik 3.300.681 suara untuk Rahmat dan Jihan Pada Pilgub 2024 di Lampung. Kata Kunci : Strategi Kemenangan, Gerindra, Pilgub 2024 ABSTRACT ANALYSIS OF THE WINNING STRATEGY OF THE GERINDRA PARTY IN THE 2024 LAMPUNG GOVERNOR ELECTION By M. SHABIEL ANDREANT AKBAR In the 2024 gubernatorial election (Pilgub), the Rahmat-Jihan pair achieved a landslide victory, securing 82.7% of the vote. This significant outcome cannot be separated from the role and strategies employed by the Gerindra Party in garnering such widespread support. This study aims to identify and describe the winning strategies used by the Gerindra Party during the 2024 gubernatorial election in Lampung Province. Data collection techniques used in this research include interviews and documentation. The study utilizes Peter Schroder’s theory of strategy types, as cited by Nursal, Adman (2004:162), as a problem-solving analysis framework. The strategy types include defensive strategies, offensive strategies, image- building strategies, and leadership-based strategies. The research findings show that the offensive strategies included expeditions to underdeveloped, frontier, and outermost (3T) areas, campaign efforts focused on the agricultural sector, and the installation of campaign banners and billboards. The defensive strategies consisted of the formation of village-level teams, strengthening of mass bases, and the establishment of regional campaign teams. The leadership-based strategy was carried out through a coalition of 12 parties—7 parliamentary and 5 non-parliamentary and the influential figure of Prabowo Subianto, whose presence had a considerable impact. Meanwhile, the image-building strategy involved promoting youth-oriented campaign ideas, entertainment- based campaigning, and leveraging social media platforms. Among these four strategies, the leadership-based and image-building strategies were the most dominant in creating strong voter bases. The influence of Prabowo Subianto and the massive social media campaign efforts helped secure 3,300,681 votes for Rahmat and Jihan in the 2024 Lampung gubernatorial election. Keywords: Winning Strategy, Gerindra, 2024 Gubernatorial Election
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 306 Kultur, ilmu budaya, kebudayaan dan lembaga-lembaga, institusi 600 Teknologi (ilmu terapan) > 601 Filsafat dan teori tentang teknologi dan ilmu terapan |
Program Studi: | FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK (FISIP) > Prodi S1-Ilmu Pemerintahan |
Pengguna Deposit: | 2507978713 Digilib |
Date Deposited: | 15 Oct 2025 06:08 |
Terakhir diubah: | 15 Oct 2025 06:08 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91123 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |