TINDAK REPRESENTATIF DALAM NOVEL MARYAM KARYA YAHYA KOMARUDIN DAN ANGELIQUE DE LA VEGA YANS SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

ALYA KINASIH , HERAWATI (2025) TINDAK REPRESENTATIF DALAM NOVEL MARYAM KARYA YAHYA KOMARUDIN DAN ANGELIQUE DE LA VEGA YANS SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Alya Kinasih.pdf

Download (56Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL - Alya Kinasih.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1252Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN - Alya Kinasih.pdf

Download (1118Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian adalah kelangsungan dan keliteralan fungsi komunikatif tindak representatif dalam novel Maryam karya Yahya Komarudin dan Angelique de La Vega Yans serta implikasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tindak representatif yang terdapat dalam novel Maryam karya Yahya Komarudin dan Angelique de La Vega Yans. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti menggunakan teknik baca dan catat. Kemudian data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis heuristik. Sumber data yang digunakan dalam penelitian adalah Novel Maryam karya Yahya Komarudin dan Angelique de La Vega Yans. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tuturan langsung literal, tidak langsung literal, langsung tidak literal, dan tidak langsung tidak literal. Data yang paling banyak ditemukan, yaitu langsung literal dan yang paling sedikit ditemukan adalah tuturan tidak langsung tidak literal. Selain itu, ditemukan tujuh fungsi komunikatif, yaitu memberi tahu, menyatakan, menyarankan, membanggakan, melaporkan, menuntut, dan mengeluh. Fungsi komunikatif yang dominan ditemukan, yaitu memberi tahu dan yang paling sedikit ditemukan adalah fungsi komunikatif melaporkan. Hasil penelitian diimplikasikan sebagai bahan ajar tambahan pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA kelas XI dalam menyajikan gagasan, pesan, dan ajakan secara lisan maupun tulis dengan menggunakan kaidah kebahasaan yang tepat. Kata Kunci: tindak representatif, novel Maryam, kelangsungan dan keliteralan HALAMAN JUDUL ABSTRACT REPRESENTATIVE ACTS IN THE NOVEL "MARYAM" BY YAHYA KOMARUDIN AND ANGELIQUE DE LA VEGA YANS AND ITS IMPLICATIONS FOR INDONESIAN LANGUAGE LEARNING IN HIGH SCHOOL By ALYA KINASIH HERAWATI The research problem is the continuity and literalness of the communicative function of representative acts in the novel "Maryam" by Yahya Komarudin and Angelique de La Vega Yans, and its implications for Indonesian language learning in high school. The purpose of this study is to describe the representative acts found in the novel "Maryam" by Yahya Komarudin and Angelique de La Vega Yans. This study used a qualitative descriptive method. The data collection technique used by the researchers was reading and note-taking. The obtained data were then analyzed using heuristic analysis. The data source used in the study was the novel "Maryam" by Yahya Komarudin and Angelique de La Vega Yans. The results showed that there were direct literal, indirect literal, direct non- literal, and indirect non-literal utterances. The most common data was direct literal, and the least common was indirect non-literal. In addition, seven communicative functions were identified: informing, stating, suggesting, boasting, reporting, demanding, and complaining. The most dominant communicative function was informing, and the least common was reporting. The research results are intended as additional teaching materials for Indonesian language learning in 11th-grade high school students, focusing on presenting ideas, messages, and invitations orally and in writing using appropriate linguistic rules. Keywords: representative acts, the novel Maryam, continuity and literalness

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
400 Bahasa
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 16 Oct 2025 02:54
Terakhir diubah: 16 Oct 2025 02:54
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91261

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir