UMMU , DARDA AZZAHRA (2025) IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAAN POWTOON TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 8 METRO TIMUR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG .
|
File PDF
Abstrak - Ummu Darda Azzahra.pdf Download (79Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Full tanpa lampiran - Ummu Darda Azzahra.pdf Restricted to Hanya staf Download (1661Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
Full tanpa BAB 4 - Ummu Darda Azzahra.pdf Download (1520Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menyimak peserta didik kelas IV di SD Negeri 8 Metro Timur yang disebabkan oleh kurangnya inovasi pendidik dalam penggunaan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Powtoon terhadap keterampilan menyimak peserta didik. Metode yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain non-equivalent control group design. Populasi dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 57 peserta didik dengan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji Hipotesis menggunakan regresi linear sederhana dengan hasil signifikansi 0.00 < 0,05, sehingga H0 ditolak yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media pembelajaran Powtoon terhadap keterampilan menyimak peserta didik kelas IV di SD Negeri 8 Metro Timur. Kata kunci: keterampilan menyimak, media pembelajaran, powtoon. This research was motivated by the low listening skills of fourth-grade students at SD Negeri 8 Metro Timur, which was caused by the lack of innovation from educators in utilizing learning media. The purpose of this study was to determine the effect of Powtoon learning media on students listening skills. The method used was a quasi-experiment with a non-equivalent control group design. The population and sample of this study consisted of 57 students, selected using a saturated sampling technique. Data were collected through tests, observations, interviews, and documentation. The hypothesis was tested using simple linear regression with a significance result of 0.00 < 0.05, indicating that H0 was rejected. This means that the use of Powtoon learning media had a significant effect on the listening skills of fourth-grade students at SD Negeri 8 Metro Timur. Keywords: listening skills, learning media, powtoon.
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
| Pengguna Deposit: | UPT . Siswanti |
| Date Deposited: | 17 Oct 2025 02:29 |
| Terakhir diubah: | 17 Oct 2025 02:29 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91367 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
