AGUNG , SEDAYU (2025) MODEL CERIA UNTUK PEMBELAJARAN FISIKA. [Disertasi]
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (257Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (4060Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (3079Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Keterampilan berpikir kreatif merupakan kemampuan esensial dalam pendidikan abad ke-21, khususnya dalam memahami konsep kompleks seperti dinamika rotasi dalam fisika. Penelitian ini bertujuan mengembangkan serta menguji kevalidan, kepraktisan dan keefektifan Model CERIA untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed methods dengan model penelitian dan pengembangan (R&D). Model CERIA secara signifikan efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Aspek originality menunjukkan peningkatan paling dominan sebesar 42%, diikuti oleh elaboration sebesar 37%, sementara aspek fluency dan flexibility meningkat masing-masing sebesar 25%-30%. Model CERIA mendorong siswa lebih terlibat aktif dalam diskusi, elaborasi konsep, dan proses pembangunan ide melalui pemanfaatan OER. Selain itu, hasil penelitian menunjukkan bahwa model CERIA efektif diterapkan di lokasi urban, suburban, dan rural, dengan efektivitas yang konsisten di seluruh lokasi. Model CERIA terbukti valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Kata Kunci: Model CERIA, berpikir kreatif, OER, pembelajaran fisika
Jenis Karya Akhir: | Disertasi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Program S3 Studi Doktor Pendidikan |
Pengguna Deposit: | 2507857388 Digilib |
Date Deposited: | 20 Oct 2025 03:19 |
Terakhir diubah: | 20 Oct 2025 03:19 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91458 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |