PENGARUH MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN E-LKPD TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM

Renny , Diah Puspita (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN E-LKPD TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - ABSTRACT_RENNY - Renny Diah Puspita.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL_RENNY - Renny Diah Puspita.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3636Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN_RENNY - Renny Diah Puspita.pdf

Download (2241Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari penerapan model Problem Based Learning Berbantuan e-LKPD terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi perubahan iklim. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental dengan pola nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa kelas X (sepuluh) semester genap di SMA Perintis 2 Bandar Lampung tahun ajaran 2024/2025 dengan sampel penelitian kelas X1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X13 sebagai kelompok kontrol yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui pemberian tes dan angket. Tes berbentuk soal esai (uraian) dengan indikator kemampuan berpikir kritis menurut Ennis. Data tes kemampuan berpikir kritis dianalisis dengan menggunakan perhitungan nilai N-gain, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji independent sample t-test. Data angket dianalisis secara deskriptif kualitatif dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai N-gain pada kelompok eksperimen sebesar 0,71 dengan kategori tinggi dan kelompok kontrol sebesar 0,54 dengan kategori sedang. Hasil uji independent sample t-test memperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05, yang menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis kelompok eksperimen dan kontrol. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning berbantuan e-LKPD berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik materi perubahan iklim. Oleh karena itu, dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi guru sebagai referensi dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Kata kunci: Berpikir Kritis, Perubahan Iklim, Problem Based Learning, Wizer.me This study aims to analyze the influence of the application of the e-LKPD Assisted Problem Based Learning model on students' critical thinking skills on climate change materials. The type of research used was Quasi Experimental with a nonequivalent control group design pattern. The population in this study is all students of class X (ten) even semester at SMA Perintis 2 Bandar Lampung for the 2024/2025 school year with class X1 research samples as an experimental group and class X13 as a control group taken using purposive sampling techniques. Data was collected through the administration of tests and questionnaires. The test is in the form of essay questions (descriptions) with indicators of critical thinking ability, according to Ennis. The critical thinking ability test data was analyzed using the calculation of N-gain values, normality tests, homogeneity tests, and independent sample t-tests. The questionnaire data was analyzed qualitatively descriptively in the form of percentages.The results showed that the N-gain value in the experimental group was 0.71 with the high category and the control group was 0.54 with the medium category. The results of the independent sample t-test obtained a Sig. (2-tailed) value of 0.000 < 0.05, which showed that there was a significant difference between the critical thinking ability of the experimental group and the controls. Thus, it can be concluded that the e-LKPD-assisted Problem Based Learning model has a significant effect on the critical thinking ability of climate change material students. Therefore, this research is expected to be useful for teachers as a reference in improving students' critical thinking skills. Keywords: Critical Thinking, Climate Change, Problem Based Learning, Wizer.me

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 20 Oct 2025 06:54
Terakhir diubah: 20 Oct 2025 06:54
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91517

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir