PENGARUH MODEL PBL TERINTEGRASI EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT BERBANTUAN E-LKPD TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KOMUNIKASI LISAN PADA SISWA

Aulya , Nur Afifatul Mukarromah (2025) PENGARUH MODEL PBL TERINTEGRASI EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT BERBANTUAN E-LKPD TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KOMUNIKASI LISAN PADA SISWA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK_AULYA NUR AFIFATUL MUKARROMAH_ 2113024049-3-4 - Aulya Nur Afifatul M.pdf

Download (280Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL_AULYA NUR AFIFATUL MUKARROMAH_ 2113024049-1-106 - Aulya Nur Afifatul M.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1925Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN_AULYA UR AFIFATUL MUKARROMAH_2113024049 - Aulya Nur Afifatul M.pdf

Download (1849Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model Problem Based Learning terintegrasi Education for Sustainable Development berbantuan e-LKPD terhadap kemampuan berpikir kritis dan komunikasi lisan siswa MA kelas X. Sampel penelitian ini adalah peserta didik MA Al-Hikmah Bandar Lampung yaitu kelas X B sebagai kelas eksperimen dan kelas X C sebagai kelas kontrol dengan teknik cluster random sampling. Desain penelitian adalah quasi eksperimen, data penelitian kemampuan berpikir kritis didapat dengan memberikan pretest-posttest dan data kemampuan komunikasi lisan didapat dengan menggunakan lembar observasi. Sedangkan penggunaan angket di kelas eksperimen bertujuan untuk mengetahui tanggapan peserta didik terhadap penggunaan model PBL terintegrasi ESD menggunakan e-LKPD. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model PBL terintegrasi ESD dengan bantuan e-LKPD berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis dengan nilai signifikansi uji Mann Whitney-U sebesar 0,00 < 0,05. Peningkatan kemampuan berpikir kritis memperoleh rata-rata n- gain sebesar 0,62 yang termasuk kategori sedang. Selain itu penggunaan model PBL terintegrasi ESD dengan bantuan e-LKPD berpengaruh juga terhadap kemampuan komunikasi lisan dengan mendapat nilai rata-rata sebesar 81,30% berada dalam kategori tinggi, serta hasil angket menunjukkan respon sangat positif dengan nilai presentase yang didapat sebesar 92,91%. Kata Kunci: berpikir kritis, education for sustainable development, e-LKPD, komunikasi lisan, problem based learning This study aims to determine the effect of the integrated Problem Based Learning model Education for Sustainable Development assisted by e-LKPD on critical thinking and oral communication skills of MA class X students. The sample of this study was students of MA Al-Hikmah Bandar Lampung, namely class X B as the experimental class and class X C as the control class with cluster random sampling technique. The research design was quasi-experimental, research data on critical thinking skills were obtained by providing pretest-posttest and data on oral communication skills were obtained using observation sheets. While the use of questionnaires in the experimental class aims to determine students' responses to the use of the ESD integrated PBL model using e-LKPD. The results of this study indicate that the use of the ESD integrated PBL model assisted by e-LKPD has a significant effect on improving critical thinking skills with a significance value of the Mann Whitney-U test of 0.00 <0.05. The improvement in critical thinking skills obtained an average n-gain of 0.62 which is included in the moderate category. In addition, the use of the ESD integrated PBL model with the help of e-LKPD also has an effect on oral communication skills by getting an average value of 81.30% in the high category, and the questionnaire results showed a very positive response with a percentage value obtained of 92.91%. Keywords: critical thinking, education for sustainable development, e-LKPD, oral communication, problem based learning

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 20 Oct 2025 07:40
Terakhir diubah: 20 Oct 2025 07:40
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91535

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir