Rika , Yuli Ariyanti (2025) STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ICT DAN MEDIA VISUAL DENGAN MEMPERHATIKAN KEAKTIFAN SISWA KELAS VIII DI SMPN 8 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK - Rika Yuli Ariyanti.pdf Download (181Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Rika Yuli Ariyanti.pdf Download (1775Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
SKRIPSI FULL - Rika Yuli Ariyanti.pdf Restricted to Hanya staf Download (1973Kb) | Minta salinan |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya hasil belajar dengan memperhatikan keaktifan belajar siswa, oleh kurangnya penerapan media pembelajaran dalam pelajaran IPS. Tujuan penelitian ini untuk meneliti perbedaan hasil belajar IPS siswa yang menggunakan media ICT dan media Visual, perbedaan hasil belajar IPS siswa yang memiliki keaktifan belajar siswa tinggi dan rendah, efektivitas penggunaan media ICT lebih tinggi dibandingkan media Visual pada siswa yang memiliki keaktifan belajar siswa tinggi dan rendah, dan interaksi antara media pembelajaran dengan keaktifan belajar siswa terhadap hasil belajar IPS. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen pendekatan komparatif dengan desain faktorial 2x2. Menggunakan random sampling yang berjumlah 59 siswa, dengan pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, angket, dan dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan Two Way Anova dan t-Test Dua Samples Independent. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar IPS siswa yang pembelajarannya menggunakan media ICT dibandingkan media Visual, terdapat perbedaan hasil belajar IPS siswa yang keaktifan belajar tinggi dan rendah, hasil belajar IPS antara siswa yang pembelajarannya menggunakan media pembelajaran ICT lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan media pembelajaran Visual pada siswa yang keaktifan belajarnya tinggi, hasil belajar IPS siswa yang menggunakan media pembelajaran Visual lebih rendah dibandingkan dengan menggunakan media pembelajaran ICT pada siswa yang keaktifan belajarnya rendah, dan ada interaksi antara media pembelajaran dengan keaktifan siswa terhadap hasil belajar IPS. Kata Kunci: Hasil Belajar IPS, Keaktifan Siswa, Media ICT, Media Visual. This study was motivated by the low learning outcomes with regard to student learning activeness, by the lack of application of learning media in social studies lessons. The purpose of this study was to examine the differences in social studies learning outcomes of students who use ICT media and Visual media, differences in social studies learning outcomes of students who have high and low student learning activeness, the effectiveness of using ICT media is higher than Visual media on students who have high and low student learning activeness, and the interaction between learning media with student learning activeness on social studies learning outcomes. This study used an experimental method of comparative approach with a 2x2 factorial design. Using random sampling totaling 59 students, with data collection using observation, interviews, tests, questionnaires, and documentation. Hypothesis testing using Two Way Anova and t-Test Two Independent Samples. The results of this study indicate that there are differences in social studies learning outcomes of students whose learning using ICT media compared to Visual media, there are differences in social studies learning outcomes of students who are high and low learning activeness, social studies learning outcomes between students whose learning using ICT learning media is higher than using Visual learning media in students whose learning activeness is high, social studies learning outcomes of students using Visual learning media is lower than using the learning media, there is an interaction between the learning media and student activeness on social studies learning outcomes. Keywords: ICT Media, Social Studies Learning Outcomes, Student Activity, Visual Media.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Ekonomi IPS |
Pengguna Deposit: | UPT . Siswanti |
Date Deposited: | 20 Oct 2025 13:38 |
Terakhir diubah: | 20 Oct 2025 13:38 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91555 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |