Rania, Zahra (2025) PENGARUH MODEL PROJECT-BASED LEARNING BERBANTUAN CARRD.CO TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS V SD. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK-ABSTRACT RANIA ZAHRA - Rania Zahra.pdf Download (103Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
SKRIPSI FULL RANIA ZAHRA - Rania Zahra.pdf Restricted to Hanya staf Download (1178Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN RANIA ZAHRA - Rania Zahra.pdf Download (945Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Latar belakang dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas V SD . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran project based learning (PjBL) berbantuan media carrd.co terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada mata pelajaran IPAS kelas V SD Aisyiyah Metro Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen yang berbentuk quasi experimental design berbentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 61 peserta didik. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknis tes berupa soal essay. Teknik analisis data menggunakan uji regresi sederhana. Data dikumpulkan melalui pretest dan posttest berdasarkan indikator berpikir kreatif yaitu berpikir lancar, berpikir luwes, berpikir orisinil, dan elaborasi. Hasil uji regresi sederhana menunjukan bahwa Fhitung > Ftabel sehingga Ha diterima. Hasil dari penelitian ini adalah model pembelajaran project based learning berbantuan carrd.co berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada pembelajaran IPAS kelas V SD. Kata Kunci : berpikir kreatif, carrd.co, IPAS, project based learning The problem in this study was the low creative thinking ability of fifth-grade elementary school students. This study aimed to determine the effect of the Project- Based Learning (PjBL) model assisted by the carrd.co media on students’ creative thinking abilities in the IPAS subject for Grade V at SD Aisyiyah Metro Selatan. This study used a quantitative research method with an experimental type in the form of a quasi-experimental design with a nonequivalent control group design. The population in this study consisted of 61 students. The sampling technique used was saturated sampling. Data collection was carried out using a test technique in the form of essay questions. The data analysis technique used simple regression analysis. Data were collected through pretest and posttest based on indicators of creative thinking, namely fluency, flexibility, originality, and elaboration. The results of the simple regression test showed that Fcount > Ftable, thus Ha was accepted. The results of this study indicated that the Project-Based Learning model assisted by carrd.co media had a positive and significant effect on the creative thinking ability of students in IPAS learning in grade V at SD Aisyiyah Metro Selatan. Keywords : creative thinking, carrd.co, IPAS, project based learning
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 21 Oct 2025 04:22 |
Terakhir diubah: | 21 Oct 2025 04:22 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91584 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |