PENGEMBANGAN KNOWLEDGE BASE BERBASIS WEBSITE UNTUK PENGGUNAAN USER MANUAL PADA BPJS KETENAGAKERJAAN MENGGUNAKAN METODE AGILE

ASIMA BEATRICIA ZIVANKA , RAJAGUKGUK (2025) PENGEMBANGAN KNOWLEDGE BASE BERBASIS WEBSITE UNTUK PENGGUNAAN USER MANUAL PADA BPJS KETENAGAKERJAAN MENGGUNAKAN METODE AGILE. FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK_Asima - ASIMA BEATRICIA ZIVANKA RAJAGUKGUK.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL_Asima - ASIMA BEATRICIA ZIVANKA RAJAGUKGUK.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (6Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN_Asima - ASIMA BEATRICIA ZIVANKA RAJAGUKGUK.pdf

Download (6Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pengembangan sistem dokumentasi berbasis digital menjadi sangat penting dalam penyampaian informasi di lingkungan organisasi. BPJS Ketenagakerjaan sebelumnya menggunakan dokumen user manual dalam format file dengan esktensi, seperti .pdf atau .docx yang menimbulkan kendala dalam proses pencarian, pembaruan, dan distribusi informasi. Penelitian ini bertujuan untuk The development of digital-based documentation systems has become increasingly important for effective information delivery within organizational environments. Previously, BPJS Ketenagakerjaan used user manuals in file formats such as .pdf or .docx, which posed challenges in terms of searching, updating, and distributing information. This study aims to develop a website-based knowledge base as a platform for storing and presenting application usage guides, enhanced with a chatbot feature developed using Dialogflow Essentials to facilitate user interaction. The development was carried out using the Agile method with iterative stages, including requirements analysis, system design using UML, implementation using the CodeIgniter 4 and Bootstrap 4 frameworks, integration, testing through User Acceptance Testing (UAT), and deployment. The test results, namely 82%, show that the system helps users access information more quickly, easily, and flexibly. The system also simplifies the work of administrators in managing user manuals without the need to manually recompile documents. Keywords: Knowledge base, user manual, chatbot, Agile, BPJS Ketenagakerjaan. mengembangkan knowledge base berbasis website sebagai sarana penyimpanan dan penyajian informasi panduan aplikasi, dengan tambahan fitur chatbot yang dibuat menggunakan Dialogflow Essentials guna memudahkan interaksi pengguna. Pengembangan dilakukan menggunakan metode Agile dengan tahapan iteratif, mulai dari analisis kebutuhan, desain sistem menggunakan UML, implementasi menggunakan framework CodeIgniter 4 dan Bootstrap 4, integrasi, pengujian melalui User Acceptance Testing (UAT), hingga deployment. Hasil pengujian, yaitu 82%, menunjukkan bahwa sistem dapat membantu pengguna dalam mengakses informasi secara lebih cepat, mudah, dan fleksibel. Sistem juga memberikan kemudahan bagi admin dalam mengelola user manual tanpa perlu menyusun ulang dokumen secara manual. Kata kunci: Knowledge base, user manual, chatbot, Agile, BPJS Ketenagakerjaan.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Program Studi: FAKULTAS TEKNIK (FT) > Prodi S1-Teknik Informatika
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 21 Oct 2025 07:18
Terakhir diubah: 21 Oct 2025 07:18
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91612

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir