PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LUDANA DI EKSTRAKURIKULER TARI SMP NEGERI 19 BANDAR LAMPUNG

Eka , Setiawati (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LUDANA DI EKSTRAKURIKULER TARI SMP NEGERI 19 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK EKA SETIAWATI - eka setiawati.pdf

Download (76Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL EKA SETIAWATI - eka setiawati.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (773Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN EKA SETIAWATI - eka setiawati.pdf

Download (722Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini difokuskan pada pengembangan media pembelajaran Ludana yang dirancang untuk memperkenalkan ragam gerak Tari Bedana melalui pendekatan konvensional dengan sentuhan visual bergaya kartun. Tujuan utama dari pengembangan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap materi tari Bedana di SMP Negeri 19 Bandar Lampung. Proses pengembangan dilakukan dengan menggunakan metode Research and Development (R&D), mengacu pada model 4D dari Thiagarajan yang mencakup tahapan Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Berdasarkan hasil evaluasi, media pembelajaran dinyatakan telah memenuhi tiga aspek penting, yaitu kelayakan, kemudahan penggunaan, dan daya tarik visual. Penilaian terhadap aspek kelayakan dan kemenarikan diberikan oleh Ahli Materi dan Ahli Media, yang masing-masing memberikan skor rata-rata sebesar 4,80 dan 4,46, termasuk dalam kategori “sangat layak”. Selanjutnya, uji coba terbatas yang melibatkan guru dan peserta didik menunjukkan bahwa Ludana mudah digunakan dan menarik, dengan skor rata-rata masing-masing 4,53 (guru) dan 4,50 (siswa). Dengan demikian, hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Ludana tidak hanya layak diterapkan dalam proses pembelajaran, tetapi juga optimal dalam menarik minat serta mempermudah peserta didik dalam memahami ragam gerak Tari Bedana secara menyenangkan dan kontekstual. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Ludana, Tari Bedana. This research was focused on the development of Ludana as an instructional medium designed to introduce the movement variations of Tari Bedana through a conventional approach enhanced with cartoon-style visuals. The primary goal of this development was to improve students’ understanding of Tari Bedana at SMP Negeri 19 Bandar Lampung. The development process was carried out using the Research and Development (R&D) method, based on the 4D model proposed by Thiagarajan, which consists of four stages: Define, Design, Develop, and Disseminate. The results obtained from the evaluation revealed that the Ludana learning media met three essential criteria: feasibility, ease of use, and visual appeal. The feasibility and attractiveness of the media were assessed by a Subject Matter Expert and a Media Expert, who provided average scores of 4.80 and 4.46 respectively, both categorized as “highly feasible.” In addition, limited trials involving teachers and students were conducted, in which the media received average scores of 4.53 from teachers and 4.50 from students, indicating that the product was considered easy to use and engaging. Based on the findings, Ludana was deemed not only appropriate for implementation in the learning process, but also effective in enhancing students’ interest and facilitating their understanding of Tari Bedana movements in an enjoyable and contextually relevant manner. Keywords: Learning Media, Ludana, Bedana Dance.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
700 Seni, seni rupa, kesenian
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Seni Drama, dan Tari
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 22 Oct 2025 04:54
Terakhir diubah: 22 Oct 2025 04:54
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91700

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir