EFEKTIVITAS MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI

Lutfiah , Dwi Putri (2025) EFEKTIVITAS MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Lutfiah Dwi Putri.pdf

Download (209Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL BAB PEMBAHASAN - Lutfiah Dwi Putri.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2172Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Lutfiah Dwi Putri.pdf

Download (1268Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model contextual teaching and learning pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 15 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2024/2025 yang berjumlah 279 peserta didik yang tersebar dalam delapan kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI.F1 sebagai kelas eksperimen dan XI.F2 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode quasi-experimental dengan desain penelitian non-equivalent pretest-posttest control group design. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji perbedaan dua rata-rata dengan uji Independent Sample t-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-gain keterampilan berpikir tingkat tinggi pada kelas eksperimen sebesar 0,78 dengan kategori tinggi dan kelas kontrol sebesar 0,36 dengan kategori sedang. Artinya, terdapat perbedaan rata-rata n-gain yang lebih tinggi secara signifikan pada kelas eksperimen daripada kelas kontrol. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model contextual teaching and learning efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Kata kunci: contextual teaching and learning, keterampilan berpikir tingkat tinggi, larutan elektrolit dan non elektrolit This study aims to describe the effectiveness of the contextual teaching and learning model in the material of electrolyte and non electrolyte solutions to improving higher order thinking skills. The population in this study were all students of class XI SMA Negeri 15 Bandar Lampung in the 2024/2025 academic year which amounted to 279 students spread over eight classes. The sampling technique was carried out using purposive sampling. The sample in this research is class XI.F1 as the experimental class and XI.F2 as the control class. This study used a quasi-experimental method with a non-equivalent pretest-posttest control group design. The data analysis technique used is the two mean difference test with the Independent Sample t-Test test. The results showed that the average n- gain of higher order thinking skills in the experimental class was 0.78 with a high category and the control class was 0.36 with a medium category. This means that there is a significantly higher average n-gain difference in the experimental class than the control class. Thus, it can be concluded that the contextual teaching and learning model is effective in improving higher order thinking skills in electrolyte and non-electrolyte solution materials. Keywords: contextual teaching and learning, higher order thinking skills, electrolyte and non electrolyte solutions

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 22 Oct 2025 06:50
Terakhir diubah: 22 Oct 2025 06:50
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91711

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir