ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK PENDIDIK SEKOLAH DASAR

REZA , FITRIYANI SARI (2025) ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK PENDIDIK SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
File Abstrak Skripsi - Reza Fitriyani sari.pdf

Download (4Mb) | Preview
[img] File PDF
Skripsi Full Tanpa Lampiran - Reza Fitriyani sari.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Skripsi Tanpa Pembahasan - Reza Fitriyani sari.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah pendidik belum optimal dan kurang efektif dalam menerapkan kompetensi pedagogik pada proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kompetensi pedagogik pendidik sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan studi dokumen. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pendidik telah mengenal karakteristik peserta didik dengan assesmen diagnostik dan pengamatan langsung; 2) Pendidik telah menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik dengan melaksanakan aktivitas sesuai usia dan kemampuan peserta didik; 3) Pendidik belum memiliki kemampuan mengembangkan kurikulum namun telah menyusun rencana pembelajaran dan tidak melakukan pengembangan pada setiap komponennya; 4) Pendidik telah memiliki kemampuan dalam memahami dan mengembangkan potensi peserta didik dengan menyediakan aktivitas belajar yang relevan dan kegiatan ekstrakurikuler; dan 5) Pendidik telah memiliki kemampuan dalam penilaian dan evaluasi dengan melaksanakan penilaian sesuai prinsipnya dan menganalisis hasil sebagai bahan evaluasi rencana pembelajaran berikutnya. Kata kunci: kompetensi pedagogik, pendidik, sekolah dasar The problem in this study was that teachers were not optimal and not effective in applying pedagogical competence in the learning process. This study aimed to analyze and describe the pedagogical competence of teachers at elementary school. This research used a qualitative approach with a case study type. Data collection techniques were conducted by interview, observation, and document study. Data analysis techniques were carried out by collecting data, reducing data, presenting data, and drawing conclusions. The results of this study showed that: 1) Teachers recognized students’ characteristics by diagnostic assessment and direct observation; 2) Teachers mastered learning theories and principles of educational learning by implementing activities according to the age and ability of students; 3) Teachers did not have the ability to develop the curriculum but compiled lesson plnas and did not develop each component; 4) Teachers had the ability to understand and develop students’ potential by providing relevant learning activities and extracurricular activities; and 5) Teachers had the ability to assess and evaluate by carrying out assessments according to their principles and analyzing the analyzing the results as material for evaluating the next learning plan. Keywords: elementary school, pedagogical competence, teacher

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 23 Oct 2025 04:36
Terakhir diubah: 23 Oct 2025 04:36
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91807

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir