PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA POP UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR

MARIA , NATALISA (2025) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA POP UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
Perbaikan File Abstrak_Maria Natalisa_2113053116 - Maria Natalisa.pdf

Download (213Kb) | Preview
[img] File PDF
Perbaikan File Full Skripsi_Maria Natalisa_2113053116 - Maria Natalisa.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1461Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Perbaikan_File Full Skripsi tanpa Bab Pembahasan_Maria Natalisa_2113053116 - Maria Natalisa.pdf

Download (1334Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar IPAS peserta didik kelas IV di SD Negeri 2 Metro Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan model discovery learning berbantuan media pop up book terhadap hasil belajar IPAS peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Metode penelitian menggunakan Quasi Experimental Design dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi dan sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 49 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan uji regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh signifikan pada penerapan model pembelajaran discovery learning berbantuan media pop up book terhadap hasil belajar IPAS peserta didik kelas IV di SD Negeri 2 Metro Selatan. Kata kunci: discovery learning, hasil belajar, pop up book The problem in this study is the low learning outcomes of the 4th grade students in SD Negeri 2 Metro Selatan. This study aims to determine the effect of the application of the discovery learning model assisted by pop up book media on the learning outcomes of the 4th grade students of Elementary School. The data collection technique used is test. The research method used Quasi Experimental Design with a Nonequivalent Control Group Design. Population and samples used in this study were 49 students. The sampling technique used was purposive sampling. Data analysis was done using a simple regression test. The results showed that there was a significant effect on the application of the discovery learning model assisted by pop up book media on the learning outcomes of IPAS students in class IV at SD Negeri 2 Metro Selatan. Keywords: discovery learning, learning outcomes, pop up book

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 23 Oct 2025 06:55
Terakhir diubah: 23 Oct 2025 06:55
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91834

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir