Asri , Anjani (2025) PENGARUH ASSESSMENT FOR LEARNING DALAM PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 3 Natar Tahun Pelajaran 2024/2025). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG .
|
File PDF
ABSTRAK - asri anjani.pdf Download (72Kb) | Preview |
|
|
File PDF
FULL SKRIPSI - asri anjani.pdf Restricted to Hanya staf Download (1706Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
FULL SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - asri anjani.pdf Download (1639Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Assessment for Learning berperan sebagai jembatan bagi guru dan siswa untuk menemukan jalur terbaik dalam mencapai tujuan pembelajaran melalui pemberian umpan balik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Assessment for Learning pada terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Natar semester genap tahun pelajaran 2024/2025 yang terdistribusi dalam 7 kelas. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan VIII B yang dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Desain penelitian ini adalah posttest only control group design. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari tes uraian kemampuan komunikasi matematis. Hasil analisis data dengan uji−t menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan Assessment for Learning lebih tinggi daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang tidak menggunakan Assessment for Learning dalam pembelajaran. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Assessment for Learning berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata kunci: Assessment for Learning, Kemampuan Komunikasi Matematis, Pengaruh Assessment for Learning serves as a bridge for teachers and students to find the best path in achieving learning goals through the provision of feedback. This research aims to determine the effect of Assessment for Learning on students' mathematical communication skills. The population of this study is all students from class VIII at SMP Negeri 3 Natar in the even semester of the 2024/2025 academic year, distributed across 7 classes. The samples in this study are students from classes VIII A and VIII B, chosen using cluster random sampling techniques. The design of this research is a posttest only control group design. The data in this study are quantitative data obtained from a descriptive test of mathematical communication skills. The results of the data analysis using the t-test show that the mathematical communication skills of students who participated in learning using Assessment for Learning are higher than the mathematical communication skills of students who did not use Assessment for Learning in their studies. Therefore, it can be concluded that Assessment for Learning has an impact on the mathematical communication skills of students. Keyword: Assessment for Learning, Impact, Mathematical Communication Skills
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Matematika |
| Pengguna Deposit: | UPT . Siswanti |
| Date Deposited: | 23 Oct 2025 08:08 |
| Terakhir diubah: | 23 Oct 2025 08:08 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91880 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
