Maulana, Eka Pratikta (2025) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK - Maulana Eka Pratikta.pdf Download (222Kb) | Preview |
|
|
File PDF
TESIS FULL - Maulana Eka Pratikta.pdf Restricted to Hanya staf Download (2416Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN - Maulana Eka Pratikta.pdf Download (1986Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini merupakan jenis Research and Development (R&D) yang bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran berbasis model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) yang valid, praktis, dan efektif ditujukan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Pengembangan dilakukan dengan menggunakan model ADDI-E. Uji coba efektivitas produk dilaksanakan pada peserta didik kelas VIII UPT SMP Negeri 3 Gadingrejo tahun ajaran 2024/2025, dengan materi bangun ruang sisi datar. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara pada tahap studi pendahuluan, serta tes dan angket. Analisis data dilakukan melalui uji validitas, uji kepraktisan, dan uji keefektifan dengan menggunakan independent sample t-test dan binomial test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul tergolong valid dengan rata-rata skor validasi materi dan media sebesar 0,73. Modul juga dinyatakan praktis berdasarkan rata-rata tanggapan peserta didik sebesar 0,92 dan guru sebesar 0,87. Selanjutnya, hasil uji keefektifan menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang menggunakan modul lebih tinggi dibandingkan dengan yang hanya menggunakan model pembelajaran CIRC. Dengan demikian, modul pembelajaran berbasis model CIRC memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Kata Kunci: Modul Pembelajaran, Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. This research is a type of Research and Development (R&D) which aims to develop a learning module based on the Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) model that is valid, practical, and effective in improving students' mathematical problem solving ability. The development was carried out using the ADDI-E model. The product effectiveness trial was carried out on class VIII students of UPT SMP Negeri 3 Gadingrejo in the 2024/2025 school year, using the topic of three-dimensional shapes with flat surfaces. Data collection techniques include interviews at the preliminary study stage, as well as tests and questionnaires. Data analysis was conducted through validity test, practicality test, and effectiveness test using independent sample t-test and binomial test. The results showed that the module was classified as valid with a average material and media validation score of 0,73. The module was also declared practical based on the average response of students of 0,92 and teachers of 0,87. Furthermore, the effectiveness test results showed that the mathematical problem solving ability of students who used the module was higher than those who only used the CIRC learning model. Thus, the learning module based on the CIRC model meets the criteria of valid, practical, and effective in improving students' mathematical problem solving ability. Keywords: Learning Module, Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Mathematical Problem Solving Ability.
| Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Pendidikan Matematika |
| Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
| Date Deposited: | 28 Oct 2025 02:05 |
| Terakhir diubah: | 28 Oct 2025 02:05 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92110 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
