STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA INKLUSI PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP MUHAMMADIYAH 2 SENDANG AGUNGKABUPATEN LAMPUNG TENGAH

VILIA , ARIANA (2025) STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA INKLUSI PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP MUHAMMADIYAH 2 SENDANG AGUNGKABUPATEN LAMPUNG TENGAH. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - villia ariana.pdf

Download (243Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL - villia ariana.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2227Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - villia ariana.pdf

Download (1458Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya siswa dengan gangguan belajar spesifik yang mengalami hambatan dalam mengenali huruf, membaca teks panjang, serta kesulitan menulis dan siswa lamban belajar yang membutuhkan waktu lebih lama dalam memahami dan mengingat informasi pelajaran. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisa yang digunakan berupa reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan guru dalam pembelajaran untuk siswa inklusi terbagi menjadi dua kategori, yaitu strategi bagi siswa dengan gangguan belajar spesifik dan strategi bagi siswa lamban belajar. Strategi guru untuk siswa dengan gangguan belajar spesifik meliputi: latihan menulis huruf secara berulang, pengaturan posisi duduk, pembentukan kelompok kecil, pendekatan personal dalam penyampaian materi, penggunaan storytelling, pemberian waktu tambahan, penyajian materi dalam bentuk tabel, serta pemanfaatan gambar pada buku ajar. Adapun strategi guru untuk siswa lamban belajar meliputi: membentuk kelompok kecil, mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari, pemberian instruksi bertahap, penerapan teknik “repeat and recall”, mengerjakan soal mudah terlebih dahulu, penggunaan permainan edukatif, pemanfaatan media visual (video pembelajaran dan PPT), serta penggunaan peta konsep atau mind mapping. Strategi-strategi tersebut disesuaikan dengan karakteristik dan kebutuhan siswa inklusi, serta terbukti efektif dalam membantu pemahaman materi IPS secara bertahap, meningkatkan motivasi belajar, dan membangun kepercayaan diri siswa. Kata Kunci: Strategi Guru, Gangguan Belajar Spesifik, Lamban Belajar, Pendidikan Inklusi, IPS. This research is motivated by the presence of students with specific learning disabilities who face difficulties in recognizing letters, reading long texts, as well as writing challenges, and slow learners who require more time to understand and retain lesson information. This study employs a case study method with a qualitative descriptive approach. Data collection techniques were carried out through observation, interviews, and documentation. The data analysis techniques used include data reduction, data display, and conclusion drawing. The results of the study show that the strategies used by teachers in teaching students with inclusive needs are divided into two categories, namely strategies for students with specific learning disabilities and strategies for slow learners. The teacher’s strategies for students with specific learning disabilities include repeated writing practice, seat arrangement, formation of small groups, personal approach in delivering materials, the use of storytelling, providing additional time, presenting materials in the form of tables, and utilizing pictures in textbooks. Meanwhile, the strategies for slow learners include forming small groups, relating the material to daily life, giving step-by-step instructions, applying the “repeat and recall” technique, working on easier questions first, using educational games, utilizing visual media (learning videos and PPT), as well as using concept maps or mind mapping. These strategies are adjusted to the characteristics and needs of inclusive students and have been proven effective in gradually improving their understanding of social studies material, increasing learning motivation, and building students’ self- confidence. Keywords: Teacher Strategies, Specific Learning Disabilities, Slow Learners, Inclusive Education, Social Studies

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
900 Sejarah dan Geografi > 909 Sejarah dunia
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Sejarah IPS
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 30 Oct 2025 04:37
Terakhir diubah: 30 Oct 2025 04:37
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92400

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir